Menyiapkan Pernikahan Sendiri Tanpa Wedding Organizer? Ini 5 Vendor yang Perlu Kamu Sewa

247 views Leave a comment
Menyiapkan Pernikahan Sendiri Tanpa Wedding Organizer? Ini 5 Vendor yang Perlu Kamu Sewa

Dailymoslem – Meski sekarang ini sudah banyak wedding organizer yang menawarkan jasa untuk mengatur pesta pernikahan, tak jarang juga orang yang memilih untuk mengatur persiapan mereka sendiri. Selain karena hemat biaya, dengan mengurus segala sesuatunya sendiri kita juga bisa membuat segala sesuatunya sesuai keinginan kita dan sesuai bayangan kita sendiri.

Jika menggunakan wedding organizer, segala sesuatu mulai dari berbagai kebutuhan hingga pilihan vendor sudah disediakan oleh WO. Sedangkan saat mengurus sendiri, kita perlu bergerak sendiri mencari vendor dan memilih yang paling tepat. Terkadang ada juga hal-hal yang bisa kita buat atau urus sendiri tanpa memerlukan vendor. Misalnya saja buket bunga atau jas pengantin pria yang bisa dipesan tersendiri tanpa membutuhkan vendor.

Berikut ini 5 vendor yang perlu kamu sewa dari vendor.

Venue

Kecuali jika kamu ingin mengadakan pesta penikahan di rumah, kamu tidak membutuhkan vendor. Jika kamu berencana menyewa gedung atau hotel, sebaiknya hubungi pihak venue sejak minimal 6 bulan sebelum hari H agar kamu bisa mendapatkan venue di tanggal yang kamu inginkan. Selain itu, venue juga akan menentukan berbagai hal lainnya di pernikahan kamu, mulai dari katering hingga jumlah tamu.

(Baca: Tips untuk Kamu yang Ingin Mengadakan Pesta Pernikahan Di Rumah)

Fotografer dan Videografer

Pastikan kamu memilih vendor yang tepat untuk mengabadikan momen-momen penting di hari pernikahanmu. Vendor fotografi dan videografi yang baik adalah yang tak hanya memotret, tapi juga menangkap momen-momen penting yang sudah kamu rencanakan ataupun yang terjadi secara spontan di hari H nanti.

Katering

Memilih katering tak sesederhana sekedar memilih menu, luangkan juga waktu untuk mencicipi menu-menu yang kamu pilih. Perhitungkan juga porsi katering dengan jumlah tamu yang sudah dikali dua dan juga jumlah kedua keluarga besar.

(Baca: Pandangan Islam tentang Resepsi Pernikahan)

Dekorasi

Meski hal ini bisa dilakukan sendiri, sebaiknya sewa vendor untuk meng-handle hal ini karena akan ada banyak hal lain yang harus kamu pantau dan siapkan juga. Setidaknya ada pihak yang bisa kamu andalkan untuk menyelesaikan dekorasi. Sampaikan dekorasi yang kamu rencanakan pada vendor dan pantau setiap prosesnya untuk hasil yang maksimal.

Busana dan Rias Pengantin

The bride should be the most beautiful one that day. Jadi, yang satu ini tentunya wajib dipegang oleh vendor yang cocok dengan keingan para pengantin wanita. Khusus hal ini, pastikan kamu memilih tak hanya dengan pertimbangan logika tapi juga dengan pertimbangan hati, karena dandanan yang tidak sesuai akan merusak mood pengantin wanita. It’s a big NO. Pilih vendor yang mau mendengar dan memahami keinginan klien, boleh saja memberi saran tapi tetap mengutamakan pendapat klien, karena kita sendirilah yang akan memakai busana dan make-up itu, kan? Bukan orang lain, sehingga segala sesuatunya dalam hal busana dan make-up harus sesuai dengan keinginan kita. Vendor busana pengatin juga biasanya meng-handle untuk busana pengantin pria, orangtua dan pagar ayu.

(Baca: Ini Dia, Tren Pernikahan Tahun 2016)

Untuk hal lain seperti venue, dekorasi atau katering, mungkin kita harus juga mempertimbangkan saran vendor atau anggota keluarga lain, sedikit berkompromi dan mengalah. Tapi untuk urusan busana dan rias pengantin, pengantin perempuanlah yang harus memutuskan. Dalam beberapa kasus, selalu ada saja vendor yang ingin mengatur busana dan make-up pengantin sesuai keinginan mereka dan tidak mengindahkan permintaan klien. Bicarakan hal ini sejak awal dan perhatikan respon mereka, vendor make-up dan busana pengantin yang baik dan profesional tentu akan setuju dengan hal ini.

Semoga bermanfaat!

(Visited 114 times, 1 visits today)