Meninggal Karena Tenggelam, Aylan Dikatakan Syahid

132 views Leave a comment
tenggelam

Dailymoslem – Aylan Kurdi, bocah tiga tahun yang meninggal dan mayatnya terdampar di semenanjung turki memantik simpati dunia. Kepedulian atasnya pun dituangkan dalam tagar Aylan Kurdi diberbagai media mainstream dunia.

Keluarga Kurdi pun dianggap sebagai martir atas mereka yang mencoba selamatkan diri dari perang Suriah. Mereka rela berurusan dengan kematian hanya untuk mendapatkan kehidupan yang setidaknya layak dijalani. Meskipun akhirnya kejadian tragis yang mengamini.

Namun begitu, meninggalnya Aylan sungguh merupakan tanda bahwa Allah lebih sayang padanya. Allah mengambil Aylan dan dua anggota keluarganya agar tak perlu lagi merasakan susah payah berjuang untuk menghirup udara dalam suasana nyaman dan aman tanpa ancaman perang.

Sabar Aylan, Allah tau yang terbaik. Rasullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim:

Siapa yang terbunuh di jalan Allah, dia syahid, Siapa yang mati (tanpa dibunuh) di jalan Allah dia syahid, siapa yang mati karena wabah peyakit Tha’un, dia syahid. Siapa yang mati karena sakit perut, dia syahid. Siapa yang mati karena tenggelam, dia syahid.” (HR. Muslim)

Dalam hadist lainnya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

Syuhada itu ada lima, yaitu orang yang meninggal karena penyakit tha’un, orang yang meninggal karena penyakit periut, orang yang mati tenggelam, orang yang meninggal karena tertimpa reruntuhan dan orang yang gugur di jalan Allah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari hadits Abu Harairah ra)

Dalam hadist-hadist tersebut Rasulullah berkali-kali menjelaskan bahwa orang yang mati tenggelam diberikan pahala syahid di akhirat. Dengan catatan kematiannya bukan sebuah kesengajaan (bunuh diri)

Masya Allah, sungguh kabar menggembirakan bagi Aylan dan keluarganya. Semoga dalam dekapan Allah di Syurga engkau lebih berbahagia.

 

Baca Juga:

Sementara Aylan Tenggelam, 120 Kg Emas Sedang Diusahakan Menempel Pada Kiswah Ka’bah

Selamat Jalan Aylan, Allah Sayang Padamu

Lebih Dari 11.000 Penduduk Islandia Siap Tampung Pengungsi Suriah

Seorang Bapak Pengunsi Suriah Harus Jual Beberapa Pulpen Untuk Beri Makan Anak

Sejumlah Foto Yang Memperlihatkan Perlakuan Tidak Manusiawi Terhadap Pengungsi Suriah

(Visited 175 times, 1 visits today)