Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

110 views Leave a comment
atasi anak yang suka berbohong

DailymoslemMeskipun bukan sebuah tidakan yang baik, berbohong masih dilakukan oleh banyak orang. Bagaimanapun latar belakang kehidupannya, hampir setiap manusia pernah melakukannya.

Suami berbohong kepada istrinya ataupun sebaliknya. Hal tersebut pasti pernah dilakukan, pun untuk sesuatu yang mungkin baik. Kebiasaan tersebut juga bisa jadi mempengaruhi anak yang sehari-hari tinggal bersama kita.

Tidak sedikit, orang tua yang mengeluhkan bahwa anaknya sering berbohong. Pura-pura mengerjakan ‘pr’ padahal tidak, pura-pura terjadi sesuatu padahal tidak dan lain sebagainya. Menyebalkan memang, tetapi kita sebagai orang tua harus menghadapinya dengan bijaksana. Toh mungkin itu karena mereka melihat kita pernah melakukannya juga.

Si Pengkhayal

Hampir setiap anak memiliki teman imajiner. Tak jarang mereka terlihat seperti sedang  berbicara dengan mainannya sendiri. Bukan, ini bukan sebuah hal mistis tetapi mereka memang sedang berkhayal bahwa mainannya benar-benar hidup.

Jika anak pengkhayal sudah mulai melaporkan sesuatu yang bohong, maka sudah seharusnya kita memberikan pengertian mengenai sesuatu yang real dan fantasi. Meskipun pasti membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi hal ini harus dilakukan.

Kebenaran itu lebih dihargai

Banyak anak-anak yang berbohong dengan alasan ingin menyenangkan orang tuanya. Mereka memiliki alasan untuk menutupi kebenaran yang karena tidak ingin Anda mendengar hal buruk. Namun jelaskan padan anak, bahwa kebenaran lebih dihargai daripada berkata kebohongan.

Berada dalam kebohongan adalah salah

Kadang kita benar-benar tidak dapat menebak apakah anak berbohong atau tidak. Namun jika sudah diketahui bahwa anak tersebut berbohong, maka jangan biarkan ia terus berada dalam kebohongannya. Tidak perlu menantikan pengakuan, cukup jelaskan akibat dari kelakuannya dan mintalah ia untuk memikirkan cara memperbaikinya.

Selain itu, kita sebagai orang tua juga dituntut untuk memberikan suri tauladan yang baik untuk anak. Sehingga mereka tumbuh dengan didikan yang baik dan dapat mempertanggungjawabkan dirinya sendiri dikemudian hari.

Baca Juga:

Wajib Baca! 4 Cara Hindarkan Anak Dari Kejahatan Seksual

Peran Ayah Dalam Mengasuh Ternyata Bisa Berdampak Baik Bagi Kepribadian Anak

5 Hal “Nggak Garing” yang Bisa Ditanyakan Pada Anak Sepulang Sekolah

(Visited 194 times, 1 visits today)