Lakukan 17 Hal Ini Agar Hidup Selalu Diberkahi Allah

4666 views

Dailymoslem – Keberkahan merupakan kunci kebahagiaan dalam hidup. Keberkahan yang dapat membuat kita merasakan kasih sayang Allah dalam hidup kita. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebagai serang muslim kita mencari banyak berkah dalam hidup ini.

Dilansir dari productivemuslim.com, berikut ini adalah 17 hal kecil dalam kehidupan sehari-hari yang dapat melahirkan keberkahan dalam hidup kita.

Niat yang Baik untuk Segala Sesuatu

Jika kita melakukan sesuatu dengan niat yang baik, maka insha Allah kita akan mendapatkan hasil yang baik juga. Pastikan segala sesuatu yang kita lakukan setiap hari diawali dengan niat yang baik untuk mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Beriman Kepada Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

 “…….. Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”. (QS.At-Thalaq(65):2-3).

Membaca Al-Qur’an

Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman:

Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya.

Mengucapkan Bismillah

Mengucapkan bismillah sebelum memulai segala sesuatu juga merupaan salah satu kunci keberkahan. Dengan mengucapkan nama Allah sebelum setiap aktivitas kita, insha Allah kita akan selalu berada dalam berkah dan lindungannya.

Makan Bersama

Beberapa hadist mengatakan bahwa makan bersama merupakan salah satu bentuk keberkahan.

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam Bersabda:

“Makanan porsi dua orang sebenarnya cukup untuk tiga, makanan tiga cukup untuk empat.” (HR. Bukhari no. 5392 dan Muslim no. 2059, dari Abu Hurairah)

Ibnu Baththol berkata, “Makan secara bersama-sama adalah salah satu sebab datangnya barokah ketika makan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 18: 121)

sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau bersabda, “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya.” (HR. Abu Daud no. 3764. Kata Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Sedangkan Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Next: Jujur dalam Berdagang

(Visited 6,073 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]
RELATED ITEMS