Keutamaan Sholat Tahajjud yang Menakjubkan

1390 views
sujud

Dailymoslem – Bangun di sepertiga malam, mengambil wudhu dan mendirikan sholat memang bukan hal yang mudah. Tak heran, keutamaan sholat tahajjud begitu menakjubkan dan mereka yang menjalaninya begitu diistimewakan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Allah SWT juga menjanjikan kepada Al Mutahajjid, antara lain Maqaman Mahmuda, kedudukan yang terpuji, dan sulthanan Nashira, kekuasaan yang menolong. “Dan pada sebagian malam laksanakanlah salat tahajjud sebagai ibadah tambahan buat kamu, mudah – mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. Masukkanlah aku dengan cara yang baik, keluarkanlah aku dengan cara yang baik. Dan berikanlah dari sisi-Mu kekuasaan yang menolong“ (Al Isra’ 79-80).

Waktu sepertiga malam juga cocok untuk melakukan berbagai sholat untuk memanjatkan do’a dan meminta ampunan, seperti sholat taubat dan sholat hajat. Di tengah malam yang sunyi senyap, saat kebanyakan makhluk lelap dalam tidurnya, di saat itulah do’a kita akan didengar dan disegerakan oleh Allah.

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda

“Allah SWT turun ke langit dunia setiap malam ketika sepertiga malam pertama berlalu seraya berkata ‘ Aku adalah Raja , Aku adalah Raja. Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya ; barangsiapa meminta kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya, dan barangsiapa yang memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya. Keadaan akan tetap seperti itu hingga terbit fajar“ (HR.Bukhari dan Muslim).

(Baca juga: 7 Cara Memulai Sholat Malam dan Mempertahankan Konsistensinya)

Apa yang kita dapat memang selalu bergantung pada apa yang kita usahakan. Jika kita mau bersusah-susah bangun di sepertiga malam dan mendirikan sholat, maka Allah akan mengganjar kita lebih banyak daripada mereka yang tidak melakukannya.

Lebih dari itu, di waktu sepertiga malam inilah kita bisa mengadukan segala keluh kesah yang kita hadapi di dunia kepada Allah. Di waktu sepertiga malam ini, tidak ada yang mendengar keluh kesah kita kecuali Allah, Tuhan yang memiliki jalan keluar untuk setiap permasalahan. Insha Allah.

(Baca juga: Usir Syaithan Subuh dengan Kebiasaan-Kebiasaan Ini)

(Visited 2,974 times, 1 visits today)