Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

1461 views

Dailymoslem – Hari Jum’at merupakan hari yang terbaik dalam Islam. Terdapat banyak kebaikan dan barokah yang bisa kita dapatkan dengan melakukan banyak amalan di hari Jum’at.

Pada hari Jum’at, kaum lelaki melakukan shalat dzuhur berjama’ah  yang disertai khutbah. Salah satu syarat meninggal khusnul khotimah juga adalah meninggal di hari Jum’at. Selain itu, hari kiamat juga dikatakan dalam Al-Qur’an akan jatuh di hari Jum’at.

Dari Salamah dari Abu Hurairah ra. Nabi saw. bersabda:“Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi, dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” (HR. Muslim)

Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi wa Salam juga sangat mengagungkan dan mengistimewakan hari Jum’at dibanding hari lainnya. Beliau mencontohkan untuk melakukan berbagai ibadah di hari Jum’at, salah satunya adalah bersedekah.

Sedekah merupakan salah satu cara untuk mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan melalui harta yang kita miliki. Selain itu, sedekah juga dapat menyucikan harta kita.

Ibnul Qayyim berkata: “Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya.”

Subhanallah. Semoga kita selalu menjadi hamba yang menjalankan perintah-Nya. Aamiin.

(Visited 992 times, 1 visits today)