Inilah, Tiga Keistimewaan Bulan Sya’ban yang Jarang Diketahui Umat Muslim

1012 views

Dailymoslem – Selain bulan Ramadhan, sebenarnya masih ada bulan-bulan lain yang memiliki keistimewaan tersendiri untuk umat muslim. Salah satunya adalah bulan Sya’ban, tepat satu bulan sebelum Ramadhan yang ditunggu-tunggu.

Berikut ini adalah tiga keistimewaan bulan Sya’ban yang jarang diketahui umat Muslim.

Perubahan Arah Kiblat

Pada bulan Sya’ban, Allah berkenan mengubah arah kiblat umat Muslim yang tadinya mengarah ke Masjidil Aqsho (Palestina) ke arah Ka’bah atau Masjidil Haram (Arab Saudi). Tepatnya pada tanggal 15 Sya’ban Allah mengubah kiblat tersebut dari Baitul Maqdis ke Ka’bah.

(Baca juga: Hari Ini, Matahari Melintas Persis Di Atas Ka’bah)

Amalan Kita Dilaporkan Kepada Allah

Pada bulan Sya’ban juga seluruh amalan yang telah kita lakukan sejak setahun ke belakang dilaporkan oleh malaikat kepada Allah.

Sebagaimana hadits yang disampaikan sahabat Usamah bib Zaid ra. ; “Saya pernah berkata: Ya Rasulullah! Saya tidak melihat  Anda berpuasa penuh pada bulan lain, seperti puasa Anda di bulan Sya’ban ini? Beliau menjawab: Pada bulan ini adalah sebuah bulan yang banyak dilalaikan oleh umat manusia, dan dia berada diantara Rajab dan Ramadhan yang pada bulan tersebut seluruh amal manusia dilaporkan ke hadirat Allah, maka aku senang tatkala amal ibadahku dilaporkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An-Nasaiy).

Nisfu Sya’ban

Ada malam yang sama istimewanya dengan malam Lailatul Qadr di bulan Ramadhan, yaitu malam Nisfu Sya’ban di bulan Sya’ban. Ada beberapa amalan tertentu yang sebaiknya dilakukan di malam Nisfu Sya’ban, yaitu berdo’a dan bershalawat.

Imam Syafii rahimahullah berkata : “Doa mustajab adalah pada 5 malam, yaitu: malam jumat, malam idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu sya’ban.”

Ibnu Abiy as-Shoif al-Yamaniy berkata: “Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah bulan sholawat kepada Nabi saw, karena ayat Innallaaha wa malaaikatahuu yushalluuna ‘alan Nabiy … diturunkan pada bulan itu (dikutip dari buku al-Fawaaidul Mukhtaaroh).

Subhanallah. Yuk, kita jemput bulan Sya’ban dan Ramadhan dengan hati yang bersih untuk beribadah.

(Baca juga: Jelang Ramadhan, Siapkan Hal-Hal Berikut Ini Di Dapur Anda)

(Visited 588 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]