Inilah Perumpamaan Bagi Muslim yang Membaca Al-Qur’an

136 views Leave a comment
Inilah Perumpamaan Bagi Muslim yang Membaca Al-Qur'an

Dailymoslem – Dalam Islam, setiap muslim telah memiliki keistimewaan tersendiri jika ia melakukan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah, terutama bagi mereka yang menyempurnakannya dengan membaca Al-Qur’an.

Nabi SAW bersabda, “Perumpamaan orang Mu`min yang membaca Al-Quran seperti buah limau, di mana rasanya enak dan baunya harum. Dan perumpamaan orang Mu`min yang tidak membaca Al-Quran adalah seperti buah kurma, di mana rasanya enak, tapi tidak beraroma.” (HR. Bukhori).

Dapat diartikan bahwa, seorang muslim yang melakukan perintah Allah dan menjauhi larangannya adalah baik, namun muslim yang menyempurnakannya dengan membaca Al-Qur’an memiliki kebaikannya tambahan seperti buah limau yang enak lagi beraroma. Sedangkan muslim yang tidak membaca Al-Qur’an, seperti buah kurma yang juga enak meskipun tidak beraroma.

Pada hadits lain, Nabi SAW bersabda, “Perumpamaan Al-Quran adalah seperti kantung kulit yang di dalamnya terdapat minyak misik (kasturi) yang mulutnya telah diikat (ditutup). Apabila seseorang membukanya, maka akan semerbak baunya. Dan jika dibiarkan tertutup, maka menjadi minyak kasturi yang maudhu` (hanya dibicarakan saja). Demikian pula jika kalian membaca Al-Quran. Jika tidak ia, maka ia (Al-Quran) akan tetap berada di dalam dadamu.”

Sementara itu Al-Qur’an seumpama kantung kulit berisi minyak kasturi. Ia memiliki keistimewaannya sendiri meski tidak dibuka, namun wanginya akan semerbak jika dibuka dan dibacakan oleh seorang muslim.

Rasulullah SAW bersabda, “Belajarlah kalian membaca Al-Quran, bacalah ia, dan tidurlah. Karena sesungguhnya perumpamaan Al-Quran dan orang yang mempelajarinya serta menunaikannya adalah seperti kantung kulit yang berisi minyak kasturi. Aromanya semerbak menyebar di setiap tempat. Dan perumpamaan orang yang tidak mempelajarinya, sedangkan ia berada di dalamnya (yakni beragama Islam), adalah seperti kantung kulit yang bakhil (jauh dari sentuhan) minyak kesturi.” (HR. Ibnu Majah).

Subhanallah, semoga kita selalu menjadi hamba Allah yang mengamalkan Al-Qur’an. Aamiin.

(Visited 134 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS