Inilah Kenapa dalam Islam Nabi Muhammad Meninggal Bukan untuk Menebus Dosa Umat Muslim

1926 views

Dailymoslem – Di agama lain, kita mendengar cerita tentang nabi yang mati untuk menebus dosa umatnya. Sedangkan dalam Islam, Nabi Muhammad sebagai nabi penutup tidak meninggal untuk menebus dosa umat Muslim, melainkan meninggal sebagaimana manusia biasa meninggal.

Kenapa sebagai seorang pemimpin umat Muslim, Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi wa Salam meninggal bukan karena untuk menebus dosa umat Muslim?

Pertama, dalam Islam tidak dikenal yang namanya original sin atau dosa asal. Dosa setiap orang ditanggung oleh masing-masing orang sendiri. Misalnya, ketika Adam dan Hawa melakukan dosa di surga hingga mereka diturunkan ke bumi, dosa tersebut menjadi dosa Adam dan Hawa sendiri dan tidak menurun kepada keturunannya sebagai dosa asal yang dibawa Adam.

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuni dosa mereka yang bertaubat dan memohon ampun dengan ketulusan, tidak ada orang yang bisa menebuskan dosa untuk orang lain.

Kedua, dalam Islam diajarkan bahwa setiap orang dilahirkan dalam keadaan fitrah atau suci, dosa akan terhitung saat orang tersebut melakukannya dengan kesadaran dan keinginannya sendiri.

Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanyalah yang membuatnya menjadi seorang Yahudi, seorang Nasrani maupun seorang Majusi. Sebagaimana seekor binatang yang melahirkan seekor anak tanpa cacat, apakah kamu merasakan terdapat yang terpotong hidungnya?

(Baca juga: Subhanallah, Al-Qur’an Dapat Menyembuhkan Penderita Gangguan Otak)

Ketiga, Islam mengajarkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Dia tidak terikat oleh peraturan untuk mengampuni dosa satu orang karena pengorbanan yang lain. Dia menurunkan rahmat dan kasih sayangnya pada mereka yang memiliki ketulusan dan mau bertaubat.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

Keempat, Islam mengajarkan bahwa setiap orang bertanggungjawab atas segala yang ia lakukan. Baik itu Ibrahim, Musa, Isa ataupun Muhammad tidak bisa menyelamatkan kita dari dosa, mereka hanya menyampaikan wahyu agar kita menemukan jalan Allah.

“Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barangsiapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan meng`azab sebelum Kami mengutus seorang rasul.” (QS. Al-Isra: 15)

Kelima, Islam mengajarkan bahwa setiap orang, perempuan ataupun lelaki, dapat mendekatkan diri kepada Allah tanpa perantara rasulnya. Seperti yang dikatakan di atas, Rasul bertugas menyampaikan wahyu agar kita mengenal agama Allah. Namun, Allah berada begitu dekat dengan setiap makhluknya dan semua orang bisa dekat dengan Allah dengan ketulusan dan ketaatan.

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya. (QS. Qaf: 16)

(Baca juga: 4 Fitnah yang Dibawa Dajjal dan Cara Menghadapinya, Tertulis dalam Surat Al-Kahfi)

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam Islam tidak ada orang yang berkorban untuk menebus dosa kita. Islam mengajarkan kita untuk bertanggungjawab atas semua yang kita lakukan. Nabi dan Rasul diturunkan Allah untuk menyampaikan wahyu tentang kebenaran. Tapi, kita sendiri yang harus mengakui dengan ketulusan saat berbuat dosa, kemudian memohon taubat dengan sungguh-sungguh.

Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.

(Visited 3,313 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]