Inilah Buka Puasa Sehat Ala Rasulullah

592 views
images04

Dailymoslem – Tidak sedikit orang yang menjadikan berbuka puasa sebagai wahana balas dendam. Semua makanan yang ada dilibas habis. Alhasil, perut kekenyangan dan sakit sehingga sulit untuk melaksanakan shalat terawih. Padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah melarang untuk makan berleih-lebihan, seperti dalam firman-Nya:

“Makan dan minumlah kamu, akan tetapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.” ( Q.S Al-A’raf: 31)

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, sebagai utusan Allah dimana segala perkataan dan perbuatannya adalah sesuai dengan petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Telah memberikan contoh dalam hal berbuka puasa yang benar. Berikut kebiasaan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam saat berbuka puasa.

Menyegerakan berbuka puasa saat sudah masuk waktunya

Rasulullah menganjurkan kita untuk segera membatalkan puasa apabila sudah masuk pada waktu berbuka. Tidak baik jika kita terus menahan haus dan lapar sampai tengah malam, setidaknya minum dan makan yang manis terlebih dahulu saat terdengar adzan

Manusia senantiasa dalam kebaikan selagi mereka menyegerakan berbuka puasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Makan kurma sebagai sajian buka puasa

Kurma memiliki rasa yang sangat manis, oleh karena itu sangat baik jika dimakan setelah berpuasa karena kurma dapat memberikan asupan gula yang baik dengan cepat. Rasulullah sendiri berbuka puasa dengan beberapa biji rutab (kurma basah). Selain itu, jika tidak ada kurma basah, Beliau menggantinya dengan biji tamar (kurma kering) dan jika tidak ada tamar maka seteguk air menjadi pembatal puasanya.

Berdoa buka puasa

Allah telah memberikan kita nikmat berbuka puasa, maka sebab itu kita harus bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikannya. Doa Rasulullah saat berbuka puasa yang artinya:

Telah hilanglah dahaga, telah basahlah peluh (hilang kekeringan) dan telah tetaplah pahala, insya Allah.” (HR. Abu Daud)

Segera laksanakan shalat magrib, jika hidangan berbuka belum disajikan

Setelah berbuka dengan kurma dan minum air, sebaiknya segerakan shalat magrib terlebih dahulu. Namun, jika hidangan makan sudah disedikan maka dimakruhkan meninggalkan makanan untuk menunaikan shalat.

Apabila telah dihidangkan makan malam, maka mulakanlah ia sebelum kamu menunaikan solat Magrib dan jangan kamu tergopoh-gopoh ketika makan malam kamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak rakus saat berbuka puasa

meskipun lapar, sebaiknya tidak makan dengan sangat rakus. Makanlah dengan porsi secukupnya. Rasulullah pun berhenti makan sebelum kenyang. Hanya 2/3 dari perut yang diisi, dan 1/3 lagi dikosongkan.

Mendoakan mereka yang memberi makanan berbuka puasa

Dari Anas r.a, “Baginda s.a.w. pernah datang kepada (rumah) Saad bin Ubadah. Dia menghidangkan roti dan minyak. Baginda pun makan dan bersabda: Telah berbuka puasa di sisi kamu mereka yang berpuasa, telah makan makanan kamu mereka yang baik dan telah berselawat ke atas kamu para malaikat.” (HR.Abu Daud)

(Visited 952 times, 1 visits today)