Ini Wasiat dari Nabi Muhammad SAW untuk Para Suami

293 views Leave a comment
Ini Wasiat dari Nabi Muhammad SAW untuk Para Suami

Dailymoslem – Sebagai seorang Muslim, kita memiliki bekal Al-Qur’an dan sunnah Rasul dalam menjalani hidup dan mengatasi berbagai masalahnya, termasuk untuk urusan kehidupan berrumahtangga.

Lelaki memiliki peran dan tanggung jawab khusus sebagai seorang kepala rumah tangga. Rasulullah juga selalu mencontohkan untuk berperilaku baik kepada Istri dan membahagiakan istri.

Rasulullah SAW bersabda:

Terimalah wasiat tentang memperlakukan wanita (istri) dengan cara yang baik. Karena sesungguhnya wanita ini diciptakan dari tulang rusuk laki-laki yang melengkung. Dan sesuatu yang paling melengkung itu adalah sesuatu yang terdapat pada tulang rusuk yang paling atas. Jika hendak meluruskannya tanpa menggunakan perhitungan yang matang, maka kalian akan mematahkannya. Sedang jika kalian membiarkannya, maka ia akan tetap melengkung. Oleh karena itu, terimalah wasiat memperlakukan wanita dengan baik.” (HR. Muslim).

Dalam hadits tersebut dikatakan bahwa wanita memiliki tulang rusuk yang melengkung, yang bisa diartikan bahwa boleh jadi ada sifat atau perangai dari seorang perempuan yang mungkin tidak disukai oleh laki-laki dan dianggap menyimpang oleh laki-laki. Misalnya saja sifat-sifat seperti cerewet, banyak mengatur, dan sifat-sifat kewanitaan lainnya yang mungkin tidak dimiliki lelaki dan dianggapnya mengganggu.

Maka, jika ingin membangun rumah tangga yang harmonis bersamanya, lelaki harus dapat memperlakukannya dengan baik tanpa mematahkannya, tapi juga tidak membiarkannya begitu saja karena akan tetap melengkung. Apalagi, seorang wanita juga menanggung beban yang tak kalah berat dalam rumah tangga, ia menjadi mengandung dan melahirkan anak-anaknya. Lebih dari itu, perempuan juga bertanggung jawab atas didikan sang anak karena Ibu adalah sekolah pertama seorang anak. Pada dasarnya, kedua belah pihak harus saling mengerti beban masing-masing dan saling mengingatkan.

Dalam hidup berrumahtangga, tentu kadang ada hal-hal yang tidak kita sukai dari pasangan, karena semua orang tentu punya sisi baik dan buruknya sendiri-sendiri. Mengenai hal ini, Rasulullah juga memiliki wasiat tersendiri.

Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang mukmin hendaknya tidak membenci mukminat hanya karena satu perangai yang dianggap buruk. Sebab jika ia membenci datu perangai, maka pastilah ada perangai lain yang ia suka.”

Subhanallah. Semoga kita selalu menjadi pasangan-pasangan yang bahagia di dunia dan kembali bertemu di surga Allah. Aamiin.

Sumber: halhalal.com.

(Visited 363 times, 1 visits today)