Ingin Hidup Penuh Rezeki, Coba Deh Untuk Selalu Melaksanakan Shalat Dhuha

963 views

Dailymoslem – Kadang kita terlalu sibuk dengan urusan dunia dan lupa beribah kepada Allah. Kita lebih memilih untuk membaca novel yang tebal dibandingkan dengan membaca Al-Quran meski hanya satu ayat. Kita rela tidak tidur hanya untuk menonton pertandingan bola namun susah sekali mata ini terbuka jika untuk melakukan shalat tahajud. Kita lebih senang menghabiskan waktu untuk memainkan gadget daripada melakukan shalat dhuha. Padahal shalat dhuha memiliki kedudukan yang mulia.

Sayid Muhammad bin Alwi Al-Maliki  menyebutkan keutamaan shalat dhuha dalam bukunta yang berjudul Khasais Al-Ummah Al-Muhamadiyah yaitu.

Pertama, orang yang melaksanakan shalat dhuha maka akan diampuni d0sa-dosanya oleh Allah. “Baransiapa yangs elalu mengerjakan shalat dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih dilautan” (HR. Turmudzi)

Kedua, orang yang melaksanakan shalat dhuha akan digolongkan sebagai orang yang bertaubat kepada Allah. “Tidaklah seseorang selalu mengerkalan shalat dhha kecuali ia telah tergolong sebagai oran yang bertaubat” (HR. Hakim)

Ketiga, mereka akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Keempat, orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah. “Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

Kelima, Allah menyukupkan rezekinya. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

Keenam, orang yang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

Subhanallah, banyak sekali keutamaan Shalat Dhuha. Akan sangata merugi jika kita tidak menunaikannya. Kita terlampau sombong dan enggan untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah seperti shalat dhuha ini. Yuk, perbanyak shalata dhuha mulai hari ini.

(Visited 905 times, 1 visits today)