Hindari Perbuatan Yang Dapat Menghilangkan Pahala Ini

492 views
unta

Dailymoslem – Fastabiqul Khairat. Berlomba-lomba dalam kebaikan. Hal tersebut memang diajarkan kepada setiap manusia yang beriman. Kita sebagai muslim yang taat dan mengidamkan ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala harus memperbanyak ibadah dan perbuatan baik lainnya.

Bukan hanya hambluminallah (hubungan dengan Allah) namun habluminannas (hubungan dengan manusia) pun harus diperbaiki. Sayangnya, ada beberapa perbuatan manusia yang bisa menghapus pahala-pahala yang telah dikumpulkannya.

Perbuatan apa sajakah itu?

Menyekutukan Allah

Perbuatan ini sungguh tidak akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Menyekutukan atau syirik adalah dosa besar yang dapat menghilangkan semua amal baik yang telah dikerjakan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: ‘Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (Az-Zumar: 65)

Sombong dan ingin selalu dipuji orang lain

Sifat ini dinamakan riya, yaitu perbuatan yang memperlihatkan segala amal baik yang dilakukan. Misalnya ketika memberi santunan, kemudian disiarkan diseluruh statsiun televisi atau difoto kemudian diunggah ke media sosial. Padahalkan, saat tangan kanan memberi tangan kiri tak boleh tahu.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang seperti itu bagaikan batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (Al-Baqarah: 264).

Melakukan larangan Allah

“Sungguh akan datang sekelompok kaum dari umatku pada hari kiamat dengan membawa kebaikan yang banyak semisal gunung yang amat besar. Allah menjadikan kebaikan mereka bagaikan debu yang bertebaran.” Tsauban radhiyallahu ‘anhu bertanya: “Terangkanlah sifat mereka kepada kami wahai Rasulullah, agar kami tidak seperti mereka.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Mereka masih saudara kalian, dari jenis kalian, dan mereka mengambil bagian mereka di waktu malam sebagaimana kalian juga, hanya saja mereka apabila menyendiri menerjang keharaman Allah.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Majah)

Iri dengki

Ini dalah salah satu penyakit hati yang harus diwaspadai. Ketika orang lain mendapatkan kesenangan, hati ini malah tersakiti. Tidak suka orang lain bahagia. Namun, saat yang lain sedih kita malah senang atas kondisi yang menimpanya.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

Hindarilah oleh kalian hasad, karena hasad bisa memakan kebaikan sebagaimana api melalap kayu bakar.” (HR Abu Dawud)

(Visited 467 times, 1 visits today)