Haruskah Mandi Besar Sebelum Memasuki Bulan Ramadhan?

2404 views
mandi

Dailymoslem – Di sebagian besar daerah di Indonesia, masyarakat muslim biasanya melakukan mandi besar atau mandi junub yang dilakukan tepat sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Mandi besar ini dilakukan seperti mandi besar yang kita lakukan selepas haid atau selepas junub, dimaksudkan untuk membersihkan dan menyucikan diri sebelum memasuki dan beribadah di bulan Ramadhan.

(Baca juga: Sudah Benarkah Mandi Junub Kita Selama Ini?)

Lalu, apakah mandi besar sebelum memasuki Ramadhan ini dibenarkan dalam syariat Islam?

Dalam hadist sendiri tidak ada yang bercerita tentang Rasulullah mandi besar di hari menjelang bulan Ramadhan, kecuali Rasulullah mandi besar di waktu dini hari karena hendak berpuasa sedangkan beliau dalam keadaan junub dini hari tersebut.

Dari Ummu Salamah dan Aisyah Radhiallahu ‘Anhu menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk waktu subuh dalam kondisi junub karena istrinya (hubungan badan), beliau-pun mandi sebelum shalat subuh, kemudian beliau puasa di hari itu. (HR. Ahmad, Ad-Darimi dan sanadnya dinyatakan shahih oleh Husain Salim Asad Ad-Darani)

Nah, lalu apakah boleh kita melakukan tradisi mandi besar menjelang Ramadhan?

Hal tersebut akan bergantung pada niat kita sendiri saat mandi besar menjelang Ramadhan. Dalam rukun puasa sendiri tidak ada aturan secara khusus untuk mandi besar menjelang bulan Ramadhan. Jadi, untuk memasuki bulan Ramadhan tidak ada syarat untuk mandi besar.

(Baca juga: Tradisi Munggahan Di Berbagai Daerah)

Namun, jika niat kita hanya untuk membersihkan dan menyucikan diri, mandi besar menjelang Ramadhan boleh saja dilakukan karena niat untuk membersihkan dan menyucikan diri bisa dilakukan kapan saja. Asalkan, niat yang kita bulatkan dalam hati saat mandi besar tersebut memang niat untuk menyucikan diri dan tidak ada niatan lain tidak sesuai dengan syariat Islam atau tidak ada ketentuannya dalam Islam.

Wallahu ‘Alam bi Shawab.

(Visited 6,884 times, 1 visits today)