Ganjaran Bagi Orang yang Bermaksiat Dalam Sepi

775 views
haramnya perempuan

Dailymoslem – Ada dua jenis pemaksiat di dunia ini, yaitu pemaksiat yang melakukannya secara terang-terangan dan juga pemaksiat yang menyembunyikan perbuatan maksiatnya dan melakukannya dalam sepi. Rasulullah sendiri telah memperingatkan tentang orang yang bermaksiat dalam sepi, kebaikannya akan terbang seperti debu meski sebanyak gunung.

Dari Tsauban, dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Sungguh aku mengetahui suatu kaum dari umatku datang pada hari kiamat dengan banyak kebaikan semisal Gunung Tihamah. Namun Allah menjadikan kebaikan tersebut menjadi debu yang bertebaran.” Tsauban berkata, “Wahai Rasulullah, coba sebutkan sifat-sifat mereka pada kami supaya kami tidak menjadi seperti mereka sedangkan kami tidak mengetahuinya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Adapun mereka adalah saudara kalian. Kulit mereka sama dengan kulit kalian. Mereka menghidupkan malam (dengan ibadah) seperti kalian. Akan tetapi mereka adalah kaum yang jika bersepian mereka merobek tirai untuk bisa bermaksiat pada Allah.” (HR. Ibnu Majah no. 4245. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Hal ini juga tertulis dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 108. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

“Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak ridhai. Dan adalah Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. An-Nisa’: 108).

Apa maksud dari bermaksiat dalam sepi atau bermaksiat dalam kesendirian? Berdasarkan tafsir, ada tiga makna mengenai perbuatan maksiat yang dilakukan dalam kesepian ini.

Pertama: Orang Munafik

(Visited 809 times, 1 visits today)