Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Agar Taubat Diterima

223 views Leave a comment
Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Agar Taubat Diterima

Dailymoslem – Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki 99 nama dimana salah satunya adalah Al-Ghaffaryang berarti Maha Pengampun. Ya, sama dengan namanya Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Tuhan yang maha mengampuni segala dosa-dosa hambanya terkecuali dosa syirik.

Dari Aisyah ra mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Sesungguhnya hamba, jika dia menyadari dosanya kemudian dia bertaubat nisacaya Allah terita taubatnya.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Selain itu Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu..” (Q.S At-Tahrim:8)

Seperti apa sih taubat Nasuha itu?

Merasa menyesal telah melakukan dosa

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bersabda bahwa sejatinya bertaubat adalah merasa menyesal. Oleh karena itu, menyesal adalah langkah awal dari sebuah taubat.

Bertekad untuk tidak mengulangi

Setelah merasakan penyesalan, seharusnya ada tekad yang keras untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dikemudian hari. Jika suatu saat tidak sengaja melakukan hal yang sama, namun tetap tekad yang sama haru ada dalam hati.

Memenuhi hak Allah yang belum dilaksanakan

Penuhi hak Allah seperti shalat lima waktu dan puasa di bulan Ramadhan. Dengan itu, kita akan terbiasa untuk bertindak baik dan menjauh dari segala perbuatan buruk .

Meminta maaf pada sesama dan kembalikan apa yang telah kita ambil

Biasakan untuk meminta maaf kepada sesama, dan sebaiknya kita mengembalikan hak mereka yang telah kita rampas sebelumnya. Jika ada manusia yang masih tidak ridha dengan apa yang kita lakukan maka selamanya dosa akan ada dalam diri kita.

Baca Juga:

Berdo’a dan Bertaubatlah di Malam Nisfu Sya’ban

Hanya Ada 2 Jenis Dosa Di Dunia Ini

4 Sifat Khas Para Calon Penghuni Syurga

Siapa yang Dikaruniai 6 Hal, Maka Ia Tidak Akan Terhalangi Dari 6 Hal

 

(Visited 472 times, 3 visits today)