Pendapat Islam Tentang Bersolek dan Mempercantik Diri

588 views
bersolek

Dailymoslem – Setiap orang baik laki-laki atau perempuan pasti memiliki keinginan untuk bersolek dengan mengenakan pakaian yang baik-baik atau mungkin wewangian. Sayangnya, bersolek atau mempercantik diri seringkali menjadi masalah bagi perempuan.

Padahal, Allah juga menyukai segala sesuatu yang baik dan bersih,

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.(QS. 2:222)

Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih. (At-Taubah: 108)

Rasulullah Juga Suka Bersolek

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam juga diriwayatkan selalu mencontohkan untuk membersihkan diri dan bersolek, karena sesungguhnya kebersihan adalah sebgaian dari iman.

Sebuah hadist mengatakan,

“Rasulullah memiliki dada yang bidang dan lebar, beliau memiliki rambut yang terurai sampai ke cuping telinga (bagian bawah telinga), saya pernah menyaksikan beliau mengenakan pakaian berwarna merah, belum pernah saya melihat sesuatu yang lebih indah daripada itu.” (HR. Al-Bukhori)

Hadist tersebut mengatakan bahwa Rasulullah bersolek dengan mengenakan pakaian berwarna terang yang indah dipandang mata. Selain itu, Rasulullah juga suka memakai pakaian dari kain yang lembut dan memakai wangi-wangian.

Anas bin Malik RA mengungkapkan :
“Belum pernah tanganku menyentuh kain sutra yang lebih lembut daripada telapak tangan Rasulullah. Dan belum pernah aku mencium wewangian yang lebih harum daripada aroma Rasulullah.” (Muttafaq `Alaih”)

(Baca juga: Manfaat Puasa Senin Kamis, Salah Satunya untuk Kecantikan)

Bersolek Bagi Wanita

Bersolek bagi wanita bisa menjadi masalah tersendiri, apalagi jika bersolek yang berlebihan dengan tujuan menarik perhatian laki-laki. Rasulullah bersabda:

“Wanita mana saja yang memakai wewangian, lalu ia keluar rumah dan melewati suatu kaum (orang banyak) agar mereka mencium wanginya, maka dia adalah pezina.” (Riwayat Ahmad dan al-Hakim. Disepakati oleh Imam adz-Dzahabi).

Namun, ada satu waktu yang disarankan bagi kita untuk bersolek dan mempercantik diri, yaitu pada saat memasuki masjid atau pada saat menghadap Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“Wahai anak cucu Adam, pakailah perhiasanmu (pakaianmu) yang bagus pada setiap (memasuki) masjid.” (Al-A’raf [7]: 31).

Dalam ayat ini dikatakan bahwa akan lebih baik jika kita bersolek dan mempercantik diri saat akan menghadap Allah, dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah.

Selain itu, para perempuan juga disarankan untuk bersolek dan mempercantik diri di hadapan suami mereka untuk menyenangkan suami, karena sesungguhnya bersolek untuk menyenangkan suami merupakan ibadah bagi seorang perampuan.

Segala sesuatu yang kita lakukan akan bergantung dari niat kita saat melakukannya.

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. ” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Jika kita melakukannya dengan niat buruk untuk menarik perhatian lawan jenis yang bukan mahramnya, maka hanya kemudharatan yang akan kita terima. Namun jika kita meniatkan segala sesuatu karena Allah, maka insha Allah kebaikan yang akan kita terima.

(Baca juga: Rahasia Tebalkan Alis Tanpa Sulam)

Kesimpulannya, sebagai seorang muslim dan muslimah yang beriman hendaknya kita selalu menyucikan diri dan membersihkan diri karena kebersihan merupakan sebagian dari iman dan Allah menyukai orang-orang yang bersih dan menyucikan diri. Namun hendaknya jika kita bersolek atau menyucikan diri, maka kita melakukannya hanya karena Allah tanpa ada niatan lain untuk menarik perhatian lawan jenis yang bukan muhrimnya ataupun mendapat pujian dari manusia.

Wallahu ‘Alaam bisshawab

(Visited 602 times, 1 visits today)