Masya Allah Ahli Ibadah Pun Bisa Kena Adzab

108 views Leave a comment
Masya Allah Ahli Ibadah Pun Bisa Kena Adzab

Dailymoslem – Dalam agama Islam, telah dijelaskan bahwa tujuan hidup manusia di dunia semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan mematuhi segala perintah-Nya, manusia akan mendapatkan banyak ganjaran salah satunya adalah kembali pada surga Allah di akhirat nanti. Namun, bagi yang tidak maka bersiaplah untuk merasakan balasan di neraka.

Dengan kata lain, beribadah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh Muslim. Sayangnya meskipun telah menjadi ahli ibadah, tapi tidak menutup kemungkinan seseorang malah mendapat azab dari Allah.

Apa yang membuat ahli ibadah mendapat azab dari Allah?

Masalah besaran pahala memang tidak ada yang mengetahui selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bisa jadi, amalan besar seperti puasa di bulan Ramadan pahalanya bisa lebih kecil dari hanya memberikan receh pada pengemis dipinggir jalan. Hal tersebut bisa dikarenakan niat dan keikhlasan orang yang mengerjakan ibadah tersebut.

Riya’ atau sifat pamer menjadi salah satu penyebab ibadah yang dilakukan menjadi sia-sia. Bersedekah dengan niat ingin dilihat oleh orang lain membuat ibadah tidak murni hanya untuk Allah, bahkan bisa jadi niat untuk beribadahnya tidak ada sama sekali. Itulah yang menyebabkan Allah murka dan tidak menerima ibadah-ibadah yang dilakukannya.

Faktor yang kedua adalah mengungkit-ungkit ibadah yang telah dilakukan. Apalagi zaman sekarang mengunggah apapun yang dilakukan sepertinya sudah menjadi kebiasaan ya. Tulis status sana-sini, update sedang i’tikaf di masjid mana dan lain sebagainya.

Ya, mungkin ada juga yang berniat untuk memotivasi orang lain. Tapi sepertinya hindari saja, karena takutnya jatuh pada riya dan akhirnya sia-sialah ibadah kita.

Baca juga:

Allah Bersumpah Demi Waktu, Bahwa Manusia Adalah Makhluk Yang Merugi

Ternyata Waktu Tidur Manusia Hampir Menghabiskan Seluruh Jatah Hidupnya

Tertimpa Masalah Besar? Coba Bacalah Doa Ini

 

(Visited 106 times, 1 visits today)