Keutamaan Hari Jumat Yang Mengesankan

1042 views

Dailymoslem – Hari Jumat adalah hari yang mulia didalam agama Islam, dan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia patut memuliakannya. Dari tujuh hari dalam seminggu, hari Jumat adalah sebaik-baiknya hari. Raja dari semua hari. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda.

Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jumat, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jumat”. (HR. Muslim)

Pada hari Jumat juga ada shalat khusus yang wajib dilakukan oleh laki-laki muslim yaitu shalat Jumat. Bahkan ada ancaman yang sangat keras bagi seorang laki-laki baligh yang meninggalkan dan melalaikan shalat Jumat. Rasulullah bersabda.

Barang siapa meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali karena meremehkannya, maka Allah akan mengunci hatinya” (HR. Abu Dawud)

Selain adanya shalat khusus pada hari Jumat, banyak sekali keutamaan yang menjadikan hari ini lebih baik dan lebih mulia dari hari-hari lainnya. Berikut adalah beberapa kemuliaan dari hari Jumat.

Hari Jumat memiliki waktu yang jika sesorang berdoa di dalammnya akan diijabah

Sungguh Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang ini menjadikan Jumat sebagai hari yang sangat mulia. Bahkan Allah memberikan waktu yang sangat spesial untuk seluruh hambanya, dimana jika hamba Allah tersebut berdoa dalam waktu-waktu tersebut maka Allah akan mengijabahnya. Sabda Rasulullah.

Sesungguhnya di dalam hari Jumat ini, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jumat) sedangkan ia dalam keadaan berdiri shalat memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan Allah berikan padanya” (Muttafaq Alaihi)

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan waktu-waktu spesial tersebut. Pendapat yang paling kuat adalah saat imam shalat Jumat duduk hingga ditunaikannya shalat dan setelah waktu ashar.

Bersedekah pada hari Jumat lebih baik dari hari lainnya

Ibnul Qayyim berkata, “Bersedekah pada hari Jumat dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya”

Allah Azza wa Jalla menampakan diri kepada kaum mukminin di surga

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu, berkata tentang firman Allah Azza wa Jalla,

“Dan pada sisi kamu ada tambahannya” (Q.S Qaf:35)

Beliau mengomentari “tambahannya” dalam ayat ini: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat”

Hari Jumat adalah hari besar yang berulang setiap pekan

Hari Jumat adalah hari besar yang selalu berulang setiap pekan. Sama halnya seperti hari raya Ied yang berulang setiap tahun. Hari jumat juga adalah hari raya yang berulang setiap minggu. Dai Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda,

Sesungguhnya hari ini adalah hari ied yang Allah jadikan bagi kaum Muslimin, barang siapa mendapati hari Jumat hendaknya ia mandi..” (HR. Ibnu Majah)

Allah menghapus dosa-dosa pada hari Jumat

Dari Salman beliau brkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda,

“Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jumat dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian keluar (menunaikan sholat Jumat) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan shalat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jumat ini dengan Jumat lainnya” (HR Bukhari)

Setiap langkah dari orang yang berjalan untuk menunaikan shalat Jumat ada pahala puasa dan shalat setahun

Subhanallah, Allah benar-benar memberikan ganjaran besar bagi orang-orang yang menunaikan shalat Jumat. Nabi Muhammad Shallahu Alaihi wa Salam bersabda

Barangsiapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jumat, lalu bersegera dan bergegas (untuk shalat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, maka baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan shalat setahun, dan yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah” (HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan)

Meninggal pada hari atau malam Jumat merupakan tanda-tanda husnul khotimah

Seseorang yang wafat pada hari atau malam Jumat terjaga dari fitnah kubur. Dari Ibnu ‘Amr  Radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata, Rasulullah Shallahllahu ‘alaihi wa Salam bersabda

Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jumat atau pada malam Jumat kecuali Allah Taala lindungi dari fitnah kubur (HR Ahmad dan Turmudi)

(Visited 726 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]