Janganlah Terburu-Buru Saat Duduk Di Antara Dua Sujud, Ini Alasannya

555 views Leave a comment
Janganlah Terburu-Buru Saat Duduk Di Antara Dua Sujud, Ini Alasannya

Dailymoslem – Banyaknya kesibukan dan aktivitas sehari-hari yang padat seringkali membuat kita terburu-buru saat menjalankan shalat. Padahal, ada banyak keuntungan dan keistimewaan yang bisa kita dapatkan dalam setiap gerakan dan bacaan shalat. Salah satunya adalah duduk di antara dua sujud yang memiliki banyak keutamaan untuk kesehatan maupun bacaannya.

Berikut ini dua alasan pentingnya menjaga kekhusyukan saat melakukan gerakan duduk di antara dua sujud.

Bacaan yang Luar Biasa

“Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii (artinya: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).” (HR. Ahmad 1: 371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa haditsnya hasan).

Jika kita tahu arti dari bacaan duduk di antara dua sujud, sudah pasti kita akan mau membacanya dengan tergesa-gesa, melainkan dengan sungguh-sungguh. Saat duduk di antara dua sujud, kita melafalkan do’a untuk meminta ampunan, rahmat dan kasih sayang, kecukupan, rezeki dan petunjuk dari Allah. Hal inilah yang selalu kita inginkan, bukan?

Seperti halnya ketika kita meminta uang pada orangtua atau pada bos, segala cara pasti dilakukan untuk merayu agar segera tembus. Begitu juga ketika minta sesuatu kepada Allah, tentu kita harus lebih bisa lebih khusyuk.

Manfaat Kesehatan yang Dahsyat

Gerakan duduk di antara dua sujud memiliki manfaat kesehatan yang dahsyat bila dilakukan dengan gerakan yang benar. Syaraf pangkal paha yang berada di atas tumit akan terpijat dan melindungi kita dari penyakit saraf pada pangkal paha yang biasanya menyebabkan rasa nyeri atau kram.

Selain itu, pada saat melakukan gerakan ini juga debit darah ke otak dan organ penting lainnya bertambah, juga meningkatkan metabolisme dan daya pikir. Gerakan duduk di antara dua sujud juga merupakan relaksasi utnuk kelompok otot-otot betis, karena jari-jari menekuk, sehingga bisa terjadi pemulihan dari timbunan asam laktat yang menyebabkan nyeri dan kelelahan. Gerakan ini juga dapat membantu mencegah impotensi karena tumit menekan aliran kantung kemih, kelenjar kelamin dan saluran vas deferens.

Subhanallah, begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan hanya dari satu gerakan shalat ini saja, dengan bacaan doa luar biasa maknanya jika dihayati dan juga manfaat kesehaan yang dahsyat. Wallahualam bisshawab.

(Visited 1 times, 1 visits today)