Inilah Satu-Satunya Kunci untuk Mendapatkan Keharmonisan Rumah Tangga

172 views Leave a comment
Inilah Satu-Satunya Kunci untuk Mendapatkan Keharmonisan Rumah Tangga

Dailymoslem – Dalam menjalani rumah tangga, seringkali kita menemukan hal-hal yang tak seindah cerita dongeng. Mulai dari kebiasaan pasangan yang menjengkelkan sampai hal-hal lainnya yang membuat rumah tangga terasa seperti neraka dan ingin kabur.

Keharmonisan rumah tangga yang selalu kita bacapun menjadi semakin jauh dari harapan. Semakin hari semakin banyak hal yang membuat kita semakin tidak betah dengan suasana rumah. Kenapa semua tidak seperti yang kita bayangkan sebelum menikah? Dan bagaimana caranya mewujudkan keharmonisan rumah tangga seperti di cerita dongeng?

Jawabannya adalah, dengan bersyukur akan keberadaan pasangan di samping kita. Hal sekecil ini dapat membuahkan perubahan besar dalam rumah tangga. Apapun kekurangan pasangan, tetaplah berkhusnudzan bahwa Allah telah memberikan pasangan yang terbaik untuk kita. Di balik segala kelemahan pasangan, pasti ada kebaikannya yang bisa kita syukuri.

Di sinilah kita harus pandai bersyukur, bukan hanya memimpikan psangan sempurna wajah dan akhlaknya. Harapan kita tentang sosok pasangan yang sempurna selama ini membuat kita melihat terlalu banyak kekurangan dalam diri pasangan, sehingga menyebabkan kita tak pandai bersyukur.

Ingatlah apa yang Allah sampaikan mengenai pasangan hidup:

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri (pasangan) dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram (sakinah) kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih (mawadah) dan sayang (rahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (Ar Rum: 21).

Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan agar kita mendapatkan kenyamanan dan ketentraman dari mereka, bukan untuk kemudian dibandingkan dengan pasangan orang lain apalagi mematok harapan yang terlalu tinggi agar bisa kita pamerkan di media sosial ataupun kehidupan sosial yang nyata.

Dengan mensyukuri apa yang ada dalam diri pasangan dan juga keberadaan di samping kita, insha Allah sakinah, mawaddah wa rahmah itu dekat.

(Visited 167 times, 1 visits today)