Inilah Berdandan Yang Haram Menurut Islam

2222 views

Dailymoslem – Sudah menjadi hal yang umum jika seorang wanita senang bersolek dan mempercantik diri. Biasanya seorang wanita memiliki banyak produk kecantikan didalam kamarnya dan senang sekali berlama-lama didepan cermin. Islam sendiri tidak melarang wanita untuk bersolek, namun setidaknya ada beberapa hal yang dilarang demi kebaikan wanita itu sendiri. Misalnya berdandan mengikuti wanita-wanita kafir yang jelas tidak pernah melakukan whudu, shalat dan hukum Islam lainnya.

Seorang wanita muslim yang bangga dan menghormati diri sebagai penganut agama Islam yang taat pasti tidak akan mau disamakan dengan wanita kafir, apalagi berusaha mengikutinya. Wanita tersebut akan dengan konsisten menjaga diri dan agamanya yang sangat mulia.

Hanya dengan air wudhu saja, wanita muslim akan terlihat bersinar memancarkan cahaya kebenaran. Oleh Karena itu, wanita muslim tidak membutuhkan banyak polesan make-up untuk memanipulasi diri. berikut adalah beberapa hal mempercantik diri yang dilarang oleh agama:

Berlebih-lebihan dalam berhias

Sesuatu yang tidak diperbolehkan oleh agama adalah berlebihan dalam berhias, hingga menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mengumpulkan produk kosmetik, pakaian dan perhiasan terbaru. Allah berfirman:

“Sesungguhnya pemborosan itu adalah saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya” (Q.S Al-Israa:27)

Menghabiskan banyak waktu didepan cermin

Berlama-lama didepan cermin sambik memoles wajah dengan produk kecantikan dengan tujuan ingin dilihat cantik dan menarik adalah hal yang tidak dibenarkan dalam agama. Ingat, sesuatu yang berlebihan meskipun pada awalnya baik akan menjadi hal yang buruk dan merusak diri sendiri.

Tato dan menipiskan alis

Allah telah menciptakan manusia dengan sangat sempurna. Segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah tidak ada satupun yang sia-sia. Jadi usaha untuk merubah bentuk dari ciptaanya sungguh sangat dibenci Allah, termasuk mentato dan menipiskan alis.

“Allah melaknat tukang tato, orang yang ditato, al-mutanamishah dan orang yang merenggangkan gigi untuk kecantikan yang mengubah ciptaan Allah” (HR. Bukhari Muslim)

Menyambung rambut

Menyambung rambut dengan sesuatu yang lain akan merusak rambut asli sendiri. Bisa jadi rambut malah akan jadi rontok atau mengalami kerusakan yang lain.

“Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan meminta disambungkan rambutnya” (HR. Al- Jami’ ash-Shagir)

Menyerupai laki-laki

Allah telah meniptakan makhluk dengan segala sifat yang sempurna dan sesuai. Oleh karena itu berusaha menyerupai laki-laki yang bukan menjadi takdirnya tidak disukai Allah

Allah melaknat wanita yang menyerupai laki-laki”  (HR. Al-Jami as-Shaghir)

Melihat dan memperlihatkan aurat

Banyak sekali wanita zaman sekarang yang memakai pakaian sangat minim. Mereka berpikir jika berpakaian seperti itu akan lebih menarik dimata lelaki. Padahal cara tersebut malah menjatuhkan harga dirinya sebagai wanita. Auratnya diobral dengan murah, dan boleh dilihat oleh siapa saja.

Laki-laki tidak boleh melihat aurat laki-laki lain, dan wanita tidak boleh melihat aurat wanita lain” (HR. Muslim)

 

Jelaslah sudah bahwa berdandan dengan berlebihan hanya akan membuat Allah murka. Ya, benar Allah memang menyukai keindahan. Namun memperindah diri dengan sesuatu yang Allah tidak sukai hanya akan berujung dengan kesia-siaan. Tetap taati aturan yang diberikan Allah, karena hanya Allah yang maha sempurna dan mengetahu segala sesuatu yang tidak diketahui oleh makhluknya.

(Visited 2,613 times, 1 visits today)