Ini Dia Dosa Melewati Orang Yang Sedang Shalat

242 views Leave a comment
dosa melewati orang shalat

Dailymoslem – Pernah merasa bingung saat akan shalat di tempat umum karena tidak ada jalan lain selain melewati orang shalat? Hal ini memang seringkali terjadi. Entah mengapa biasanya mereka lebih senang shalat di bagian belakang dari pada di shaf depan. Mungkin agar lebih mudah untuk keluar ruangan atau karena sebelumnya tempat shalat tersebut penuh oleh Jemaah yang lain.

Padahal Rasulullah telah mewanti-wanti untuk tidak melangkah diantara seseorang yang tengah shalat dan sutrahnya.

Janganlah shalat kecuali menghadap sutrah dan jangan biarkan seseorang lewat di depanmu. Jika ia enggan dilarang maka tolaklah ia dengan keras, karena sesungguhnya bersamanya ada qarin (setan).” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Andaikan seseorang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya daripada lewat.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Ulama sepakat bahwa lewat di depan sutrah tidak megapa namun lewat ditengah-tengah antara orang yang shalat dengan sutrah hukumnya tidak boleh dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya jika shalat sendiri ditempat umum yang banyak orang kita harus membuat sutrah (penghalang). Bisa menggunakan tas, buku dan lain sebagainya.Dengan melakukan hal itu, mereka yang berlalu lalang setidaknya terbantu untuk tidak melewati orang yang sedang shalat.

 

(Visited 368 times, 1 visits today)