Hati-Hati, Hindari Melakukan 10 Hal Ini Selama Ramadhan

719 views
malas

Dailymoslem – Ramadhan, bulan yang dinanti-nanti umat Muslim sepanjang tahun ini memang punya banyak kesibukan dan rutinatas baru yang sering membuat kita larut di dalamnya. Mulai dari berbagai aktivitas ibadah hingga perayaan.

Namun, segala sesuatu yang dilakukan dengan berlebihan tentu tidak baik, bisa-bisa kita malah kehilangan esensi dari Ramadhan itu sendiri. Untuk itu, hindari 10 hal berikut ini selama bulan Ramadhan.

Tidur sepanjang siang dan sembahyang sepanjang malam

Di bulan Ramadhan, kita memang memiliki ibadah tambahan seperti sholat tarawih. Selain itu, tahajjud dan sholat malam yang dilakukan di bulan Ramadhan juga akan berlipat ganda. Namun, jangan sampai kita menukar waktu siang dan malam untuk beribadah di malam hari dan tidur di sepanjang siang, karena itu bukanlah tujuan bulan Ramadhan.

Jadi bermalas-malasan karena puasa

Di saat berpuasa, orang juga seringkali jadi merasa tubuhnya lemah karena berpuasa, kemudian bermalas-malasan di sepanjang siang. Nah, untuk menghindari hal ini, perhatikan asupan gizi saat sahur dan buka, agar kita tetap memiliki energi untuk beraktivitas.

(Baca juga: Cegah Ngantuk Saat Puasa Dengan Cara Ini)

Terlalu banyak mengikuti acara buka bersama

Meski tujuannya bersilaturahmi, seringkali buka bersama justru malah membuat kita melalaikan ibadah seperti sholat maghrib dan tarawih. Jangan sampai dalam sebulan kita buka bersama hampir tiap hari. Pilihlah acara buka bersama dengan selektif, agar kita tidak kehilangan banyak waktu untuk istirahat dan ibadah.

Terlalu fokus pada makanan untuk sahur dan buka

Ini juga sering menjadi salah kaprah yang dihadapi masyarakat, terlalu sibuk menyiapkan makanan buka dan sahur sampai menghabiskan begitu banyak waktu di dapur. Ingatlah bahwa esensi puasa adalah agar kita turut merasakan kelaparan yang dirasakan saudara-saudara kita yang tidak beruntung, juga berlajar menahan diri dari berbagai nafsu.

Terlalu sibuk beribadah di 10 hari terakhir puasa hingga lupa menyiapkan Hari Raya Idul Fitri

10 hari terakhir Ramadhan memang dikenal sebagai masa emas bulan Ramadhan. Tapi, jangan sampai kita juga lupa untuk menyiapkan Hari Raya Idul Fitri, karena inilah hari kita meraih kemenangan, terlahir sebagai bangsa yang fitri seperti seorang bayi baru keluar dari perut.

Terlalu banyak bersosialisasi selepas tarawih

Selain buka bersama, momen tarawih juga seringkali digunakan sebagai ajang kumpul dan mengobrol. Sebelum berangkat tarawih, niatkan dulu di dalam hati untuk beribadah agar kita tidak tergoda dengan mengobrol yang tidak ada gunanya.

(Baca juga: Maksimalkan Produktivitas Di Bulan Ramadhan)

Terlalu banyak belanja

Persiapan Idul Fitri juga seringkali membuat kita sibuk belanja di bulan Ramadhan. Mulai dari belanja baju lebaran, kue lebaran, ketupat dan serba-serbi lebaran lainnya. Jangan sampai justru kita kelewatan belanja ini-itu. Yang terpenting adalah di hari lebaran kita memakai pakaian yang baik dan punya makanan untuk dinikmati bersama kerabat dan keluarga.

Terus-terusan makan di sepanjang malam

Di bulan Ramadhan memang kita tidak bisa makan di siang hari dan hanya bisa makan di malam hari. Tapi, apakah kita sudah belajar mengendalikan diri dengan puasa jika di malam hari kita masih kalap dengan makanan?

Keluar malam, kecuali untuk beribadah kepada Allah

Di bulan Ramadhan, hindari sebisa mungkin keluar malam dan usahakan untuk pulang lebih cepat agar bisa buka bersama keluarga dan tidak kehilangan momen untuk beribadah. Kecuali keluar malam dengan tujuan beribadah seperti pergi ke masjid untuk beritikaf.

(Visited 1,978 times, 1 visits today)