Hati-hati, Bersolek Berlebihan Bisa Jadi Tabarruj

1455 views

Dailymoslem – Bersolek pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan wanita. Secara fitrahnya, wanita memang dilahirkan untuk memiliki sifat yang menyukai keindahan. Entah itu keindahan yang sifatnya eksternal diluar dirinya, atau internal yaitu dirinya sendiri. Oleh karena fitrah itulah wanita hingga kini selalu berusaha tampil cantik. Tak jarang, demi mempercantik dirinya wanita rela mengalami kesakitan yang luar biasa. Beauty is pain katanya.

Sekarang, banyak sekali klinik kecantikan berlomba-lomba menyediakan perawatan yang paling lengkap untuk wanita. Seperti misalnya sulam alis, sedot lemak, dan hal-hal lain yang dipercaya akan mampu menyempurnakan kecantikan seseorang.

Islam memang tidak pernah melarang wanita untuk berhias, bahkan sangat dianjurkan berhias untuk seseorang yang menjadi haknya. Dengan kata lain suami dari wanita itu sendiri. Namun, segala sesuatu pasti mempunyai aturan mainnya begitu pula dengan berhias. Jangan sampai usaha kita mempercantik diri malah jatuh pada hal-hal yang tabarruj.

Tabarruj memiliki makna yang sangat luas. Intinya adalah memperlihatkan apa yang tidak boleh diperlihatkan. Menurut Imam Al-Bukhari, tabarruj adalah perbuatan wanita yang memamerkan segala kecantikan yang ada dalam dirinya. Contohnya memperlihatkan bagian tubuh yang sudah jelas dilarang dalam Al-Quran, berdandan agar dikagumi para lelaki, ikhtilat (bercampur baur dengan lawan jenis) lewat sentuhan, termasuk melakukan hal-hal genit ketika berjalan atau berbicara.

Islam sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat wanita, sehingga memiliki aturan khusus untuknya. Dengan adanya aturan ini diharapkan tidak ada lagi wanita muslim yang dilecehkan. Namun, sayangnya masih banyak sekali wanita muslim yang membangkang aturan-aturan yang dibuat untuknya. Banyak yang berkilah belum siap, gaya berpakaian terlalu ketinggalan zaman dan lain sebagainya. padahal ketika dilecehkan oleh laki-laki yang tidak bertanggung jawab ia pasti akan marah dan mungkin membabi buta.

Mungkin daripada terus mempercantik tampilan luar, alangkah baiknya jika kita mempercantik hati juga. Agar aura cantik yang kita pancarkan tidak hanya dari luar namun juga dari dalam.

 

Kecantikan dari dalam adalah sebenar-benarnya kecantikan.

 

 

 

 

 

 

(Visited 798 times, 1 visits today)