Doa Tak Kunjung Di Kabulkan Allah, Mungkin Ini Penyebabnya

1694 views
Bukti Allah Akan Mengabulkan Setiap Do’a

Dailymoslem – Memanjatkan doa untuk mengungkapkan keinginan kita adalah suatu hal yang sangat umum dilakukan oleh orang yang beragama. Bukan hanya sebatas kepercayaan saja, namun kekuatan doa memang sangat dahsyat dan hanya Allah lah satu-satunya dzat yang dapat dimintai pertolongan. Allah akan mengabulkan doa-doa hambanya yang sungguh-sungguh. Lalu mengapa ada orang yang mengeluh bahwa doanya tidak kunjung di kabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala?

Ada sebuah riwayat dari Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa Rasulullag pernah bercerita “Seorang lelaki yang lusuh lagi kmal karena lama berpergian mengangkat tangan ke langit tinggi-tinggi dan berdoa ‘Wahai Tuhanku, Wahai Tuhanku’ padahal ia makan dari barang haram, minumnya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimanakan Allah akan mengabulkan do’anya?” (HR. Abu Hurarirah).

Dari riwayat diatas bisa diambil kesimpulan bahwa ada kemungkinan jika doa kita tidak kunjung dikabulkan karena diakibatkan ada hal yang haram yang masuk kedalam tubuh kita. Sehingga Allah enggan mengabulkan doa kita.

Allah juga tidak akan mengabulkan doa yang mengadung sesuatu yang jahat dan memutuskan silaturahmi. Allah Maha mengetahui apapun yang ada didalam hati hamba-Nya. Allah sangat suka doa yang berulang-ulang, maka jangan sekalipun lelah untuk memanjatkan doa terus menerus. Rasulullah bersabda:

Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahmi dan tidak tergesa-gesa”

Ketika ditanya apa yang dimaksud dengan tergesa-gesa, Rasulullah mejawab:

“Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan’. Setelah itu ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi’ (H.R. Muslim).

Teruslah berdoa dan meminta kepada sang Maha Kuasa untuk mengabulkan semua keinginan kita. Allah tidak diam, Ia mendengar dan menanggapi doa-doa kita. Hanya Allah memiliki hak perogratif untuk mengabulkan doa kita dengan ketentuan-Nya sendiri. Allah mengabulkan doa dengan tiga cara:

  1. Mengabulkan sesuai dengan doa yang dipanjatkan
  2. Allah akan menyimpan doa tersebut dan mengabulkannya di akhirat nanti
  3. Allah akan mengganti doa dengan hal yang lebih dibutuhkan oleh hambanya

Kemungkinan lain mengapa doa tidak kinjung di kabulkan adalah, hati yang ragu-ragu saat berdoa kepada Allah. Ragu jika Alla akan mengabulkan doa kita. Ragu jika Allah tidak mendengar doa-doa yang dipanjatkan. Dari Abu Hurairah, Rasullulah SAW bersabda “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lalai” (H.R. At Tirmidzi)

Jadi jangan lelah untuk berdoa. Jangan tergesa-gesa lantas marah dan merajuk saat doa tidak kunjung di kabulkan. Percayalah kepada Allah, bahwa Ia tidak pernah meninggalkan hamba-Nya. Bahwa Ia akan mengabulkan atau memberikan yang lebih baik dan yang lebih kita butuhkan dalam kehidupan.

 

 

(Visited 1,232 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]