Bolehkah Berkurban Satu Kambing Untuk Sekeluarga?

867 views Leave a comment
Bolehkah Berkurban Satu Kambing Untuk Sekeluarga?

Dailymoslem – Berkurban menjadi salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Setiap tahun di bulan Dzuhijjah, umat muslim memotong hewan kurban seperti unta, sapi dan kambing dengan tujuan beribadah kepada Allah juga berbagi pada sesama muslim lainnya.

Masing-masing hewan kurban pun dianggap memiliki besaran pahala yang berbeda. Ya, selama ini masyarakat mengartikan bahwa unta memiliki pahala untuk 10 orang, sapi untuk 7 orang sedangkan kambing hanya untuk satu orang. Oleh karena itu, banyak sekali keluarga yang menggilirkan anggotanya untuk berkurban setiap tahun. Misalnya, tahun ini berkurban atas nama bapaknya, kemudian tahun depan ibunya dan seterusnya.

Padahal, berkurban satu kambing saja sudah dapat mencakupi pahala satu keluarga. Hal ini sesuai dengan yang diriwayatkan oleh Atho bin Yasar.

سَأَلْتُ أَبَا أَيُّوبَ الأَنْصَارِيَّ كَيْفَ كَانَتْ الضَّحَايَا عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؟ فَقَالَ : كَانَ الرَّجُلُ يُضَحِّي بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ ، فَيَأْكُلُونَ وَيُطْعِمُونَ

Aku pernah bertanya pada Ayyub Al Anshori, bagaimana qurban di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?” Beliau menjawab, “Seseorang biasa berqurban dengan seekor kambing (diniatkan) untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya.” (HR. Tirmidzi no. 1505, shahih)

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pun pernah berkurban untuk dirinya dan untuk seluruh umatnya yang tidak mampu. Saat menyembelih hewan kurbannya, Beliau berkata,

 

اللّهُمّ هَذَا عَنِّي، وَعَمَّنْ لَـمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِي

“Ya Allah ini –kurban– dariku dan dari umatku yang tidak berkurban.” (HR. Abu Daud, no.2810 dan Al-Hakim 4:229 dan dishahihkan Syekh Al-Albani dalam Al Irwa’ 4:349).

Sedangkan, pengelompokan hewan kurban sesuai dengan banyaknya orang adalah dalam hal pembayaran. Satu unta dapat dibayar oleh 10 orang, sapi dibayar oleh 7 orang sedangkan kambing hanya boleh dibayar oleh satu orang.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)