Balasan Mengerikan Dari Allah Bagi Orang Yang Tak Berpuasa

1160 views
neraka

Dailymoslem – Seperti yang kita ketahui bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah wajib bagi seorang muslim yang telah dewasa, berakal dan sehat. Puasa atau shaum adalah menahan diri dari makan, minum dan juga menahan nafsu yang seringkali muncul pada manusia. Allah berfirman yang artinya.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183)

Ya, puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam. Yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat dan naik haji. Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

slam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; menegakkan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji; dan berpuasa di bulan Ramadhan.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Karena puasa adalah sebuah ibadah yang diwajibkan oleh Allah, maka pastinya ada balasan bagi orang-orang yang tidak mengerjakannya atau berbuka sebelum waktunya dan tidak menggantinya dikemudian hari. Ada salah satu riwayat dari Abu Umamah mengenai balasan apa yang akan didapatkan bagi orang yang tidak puasa di bulan Ramadhan. Abu Umamah menuturkan bahwa beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ketika aku tidur, aku didatangi oleh dua orang laki-laki, lalu keduanya menarik lenganku dan membawaku ke gunung yang terjal. Keduanya berkata, “Naiklah”. Lalu kukatakan, “Sesungguhnya aku tidak mampu.” Kemudian keduanya berkata,”Kami akan memudahkanmu”. Maka aku pun menaikinya sehingga ketika aku sampai di kegelapan gunung, tiba-tiba ada suara yang sangat keras. Lalu  aku bertanya,”Suara apa itu?” Mereka menjawab,”Itu adalah suara jeritan para penghuni neraka.”

Kemudian dibawalah aku berjalan-jalan dan aku sudah bersama orang-orang yang bergantungan pada urat besar di atas tumit mereka, mulut mereka robek, dan dari robekan itu mengalirlah darah. Kemudian aku (Abu Umamah) bertanya,”Siapakah mereka itu?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”Mereka adalah orang-orang yang berbuka (membatalkan puasa) sebelum tiba waktunya.”( HR. Ibnu Khuzaimah)

Lihatlah siksaan bagi orang yang membatalkan puasa dengan sengaja dalam hadits ini, maka bagaimana lagi dengan orang yang enggan berpuasa sejak awal Ramadhan dan tidak pernah berpuasa sama sekali. Renungkanlah hal ini, wahai saudaraku!

 

Naudzubillah, semoga kita dpat terhindar dari siksaan semacam itu di akhirat kelak.

 

 

(Visited 2,738 times, 1 visits today)