Astagfirullah, Dosa Pun Akan Terus Mengalir Meski Sudah Wafat Jika Kita Lakukan Ini

1152 views

Dailymoslem – Sering kita mendengar ada pahala yang terus mengalir meskipun seseorang yang melakukan kebaikan tersebut telah wafat. Pahala akan terus mengalir, selama harta atau kebaikan yang diberikan masih bermanfaat bagi kaum muslimin, tentunya untuk melakukan ketaatan. Amal yang akan terus memberikan pahala meskipun telah wafat adalah, amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak-anak yang shaleh.

Selain pahala yang akan terus mengalir, ada juga dosa yang akan terus mengalir meskipun seseorang yang melakukannya telah wafat. Dosa tersebut akan terus mengahampiri pelakunya seperti air yang terus mengalir. Satu prinsip yang selayaknya dipahami, bahwa yang Allah catat dari kehiduan kita, tidak hanya aktivitas dan amalan yang dilakukan, tetapi juga dampak dan pengaruh dari aktivitas dan amalan tersebut. Allah berfirman:

Sesungguhnya Kamu menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (Q.S. Yasin: 12)

Sungguh sangat mengerikan jika kita sampai melakukan dosa yang akan terus tumbuh ini. Lalu dosa-dosa apa saja yang termasuk akan terus mengalirkan keburukan pada pelakunya?

Mempelopori perbuatan maksiat

Sebuah hadist meriwayatkan bahwa Rasulullah telah bersabda:

“Tidaklah satu jiwa dibunuh dengan zhalim melakinkan anak Nabi Adam yang pertama menanggung dosa darahnya. Karena dialah orang yang pertama melakukan pembunuhan.” (HR. Bukhari)

Dalam hal ini, siapapun yang melakukan tindakan maksiat di hadapan orang lain, sehingga orang lain banyak yang menirunya. Maka dosa tersebut akan terus mengalir. Meskipun, orang yang melakukan maksiat tersebut tidak bermaksud mengajak orang lain untuk melakukannya.

“ Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam Islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka.: (HR. Muslim)

Mengajak melakukan kesesatan dan kemaksiatan

Orang-orang yang melakukan propaganda kemaksiatan akan menanggung dosa dari orang yang mengikuti ajakannya. Mereka tidak akan sedikitpun diberi keringanan atas dosa yang didapatkan dari para pengikutnya. Allah berfirman:

Mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh pada hari kiamat dan berikut dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan).” (Q.S. An-Nahl: 25)

Sungguh mengerikan dosa-dosa yang terus mengalir ini. Semoga Allah akan memudahkan kita untuk tidak sedikitpun menyentuh dosa-dosa tersebut. Amin.

 

(Visited 1,268 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]