Amalan-Amalan Yang Disyariatkan Pada Hari Jumat

952 views

Dailymoslem – Sebagaimana telah diketahui bahwa hari Jumat adalah hari yang paling mulia dibandingkan dengan hari-hari lainnya di dalam satu pekan. Hari Jumat menjadi hari raya yang terus berulang-ulang setiap minggunya. Untuk memuliakan hari yang agung ini, ada amal-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Amalan tersebut semata-mata untuk menyambut keberkahan Allah dan sebagai tabungan pahala untuk bekal di negeri akhirat kelak.

Amalan-amalan yang disyariatkan untuk dilakukan pada hari Jumat diantara lain adalah:

Perbanyak shalawat Nabi pada hari Jumat

Dari Abu Umamah, Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam  bersabda,

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setia Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti”

Dianjurkan membaca Surat As-Sajdah dan Surat Al-Insan ketika shalat subuh di hari Jumat

Kedua surat tersebut biasa dibaca Rasulullah ketika melakukan shalat subuh di hari Jumat. Hal tersebut sebagaimana terdapat dalam hadist Abu Hurairah,

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam biasa membaca pada shalat subuh di hari Jumat ‘Alam Tanzil..’ (Surat As- Sajdah) pada rakaat pertama dan ‘Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro’ (Surat Al-Insan) pada rakaat kedua”

Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at”  Dalam lafazh lainnya dikatakan,

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah).”

Juga dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barangsiapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat.

Dari hadits-hadits di atas menunjukkan dianjurkannya membaca surat Al Kahfi, bisa dilakukan pada malam Jum’at atau siang hari di hari Jum’at.

Perbanyaklah berdoa di hari Jumat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammembicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda,

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut

Ada beberapa pendapat mengenai waktu-waktu yang dimaksudkan. Namun yang paling dua pendapat yang paling kuat yaitu saat imam naik mimbar hingga selesainya shalat Jumat.

“Waktu tersebut adalah ketika imam naik mimbar sampai shalat Jum’at selesai” Pendapat ini dipilih oleh Imam Muslim, An Nawawi, Al Qurthubi, Ibnul Arabi dan Al Baihaqi.

Dan yang kedua adalah setelah ashar sampai terbenamnya matahari.

“Dalam 12 jam hari Jum’at ada satu waktu, jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah Azza Wa Jalla pasti akan dikabulkan. Carilah waktu itu di waktu setelah ashar” Pendapat ini dipilih oleh At Tirmidzi, dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. Pendapat ini yang lebih masyhur dikalangan para ulama.

 

Nah, itu lah beberapa amalan yang disyariatkan untuk dilakukan pada hari Jumat. Yuk sama-sama kita perbaiki diri untuk mencapai keridha-an Allah Azza wa Jalla. Sesungguhnya orang yang merugi adalah orang-orang yang tidak lebih baik dari hari kemarin.

(Visited 510 times, 1 visits today)