Agar Rumah Tangga Dapat Mencapai Sakinah Mawaddah Warrahmah (1)

185 views Leave a comment
Agar Rumah Tangga Dapat Mencapai Sakinah Mawaddah Warrahmah (1)

Dailymsolem – Setiap pasangan yang menikah pastinya menginginkan keluarga yang dibangunnya memiliki tiga sifat yaitu sakinah, mawaddah dan rahmah. Asal kata-kata ini adalah merujuk pada Q.S Ar-Rum ayat 21. Allah berfirman yang artinya,

“ Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri (manusia), supaya kamu cenderung dan merasa tentram (sakinah) kepadanya, dan dijadikan-Na di antaramu rasa cinta dan kasih sayang (mawaddah warrahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir.” (Q.S Ar-Rum:21)

Merujuk dari ayat diatas, sakinah memiliki arti tentram, damai dan bahagia. Dengan kata lain pernikahan sakinah merupakan pernikahan yang mampu membangun rumah tangga yang penuh dengan ketentraman dan kedamaian serta kebahagiaan.

Mawaddah sendiri memiliki arti cinta atau harapan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam membangun rumah tangga yang baik dibutuhkan cinta antara pasangan dikala senang maupun sedih. Sedangkan rahmah merupakan kasih sayang, yang dimaksudkan bahwa ketika pasangan menikah mereka haruslah memiliki sikap saling menyayangi satu sama lain.

Untuk mencapai ketiga sifat tersebut, pasangan suami istri harus berusaha semaksimal mungkin. Salah satunya adalah berprilaku sesuai adab islami dalam rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh istri untuk membantu mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah warrahmah.

Istri memiliki ketaatan kepada suaminya

Setelah menikah, istri sudah seharusnya taat kepada suaminya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits nya mengatakan bahwa jika Ia harus menyuruh manusia sujud kepada manusia lain, maka Ia akan memerintahkan istri bersujud pada suaminya.

Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk suduj kepada orang lain niscaya aku akan memerintahkan istri untuk sujud kepada suaminya.” ( HR. Ahmad)

Tidak membiarkan orang lain masuk rumah kecuali dengan izin suami

Seorang istri haruslah menjaga dirinya saat suami tak sedang bersamanya. Oleh karena itu memasukan orang kedalam rumah pun harus dengan izin suami. Hal ini merujuk pada hadits Rasulullah,

Janganlah seorang istri memberikan izin kepada siapapun untuk masuk ke dalam rumah suaminya kecuali atas izinnya.” (HR. Thabrani)

Tidak menolak ajakan suaminya

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang suami mengajak isterinya ke tempat tidur, lalu isterinya menolak, melainkan penghuni-penghuni langit akan murka kepadanya hingga suaminya ridha kepadanya.” (HR. Muslim)

Tidak menggunakan harta suami tanpa izin

Kebanyakan wanita memang senang sekali berbelanja. Bahkan beberapa wanita menggunakan harta suami untuk memuaskan hasratnya berbelanja tanpa mendapatkan izin terlebih dahulu. Hal tentu bukan hal yang bijaksana. Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu mengenai anggaran belanja dan lain sebagainya, agar tidak ada kesalah pahaman dan tidak memberatkan salah satu pihak.

Baca juga:

Agar Rumah Tangga Dapat Mencapai Sakinah Mawaddah Warrahmah (2)

7 Tanda Bahwa Kamu Memang Siap Menikah, Bukan Hanya Ingin

Kamu Mungkin Tidak Tahu, 9 Hal Ini yang Dirasakan Orangtua Saat Anaknya Akan Menikah

Jangan Menikah Jika Ini Alasan Kamu

 

(Visited 1,388 times, 1 visits today)