7 Cara untuk Memulai dan Menjaga Konsistensi Sholat Malam

4887 views
nisfu sayban

Dailymoslem – Sholat malam seperti sholat tahajjud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat disukai Rasulullah. Bangun di tengah malam yang sunyi kemudian beribadah kepada Allah bisa menjadi waktu yang cocok untuk kita mendapatkan saat-saat paling mesra bersama Allah.

Namun, terkadang kita kesulitan untuk bisa bangun tengah malam, apalagi di tengah udara malam yang begitu dingin dan kasur yang empuk dan hangat. Rasanya sulit untuk membuka mata dan mengambil wudhu. Disitulah istimewanya orang-orang yang melakukan sholat malam, mereka berhak mendapat keistimewaan karena meninggalkan kenikmatan demi beribadah kepada Allah.

Nah, bagi kamu yang masih kesulitan untuk bangun malam dan sholat, coba lakukan 7 cara berikut ini untuk memulai dan menjaga konsistensi sholat malam.

Mulai dengan Rakaat Paling Sedikit

Semua hal besar pasti dimulai dengan satu langkah kecil. Maka mulailah sholat malam dengan dua rakaat saja, rakaat yang paling sedikit terlebih dulu. Jika kita sudah terbiasa bangun untuk sholat malam dan sudah mulai menikmati saat-saat sunyi bersama Allah, pasti kita juga ingin terus menambah rakaat untuk terus meningkatkan kualitas sholat malam.

Menyadari Indahnya Menghabiskan Waktu Bersama Kesunyian dan Keluh Kesah Kepada Allah

Kita mungkin belum bisa benar-benar ingin melakukan sesuatu sebelum mengetahui indahnya atau nikmatnya sesuatu tersebut. Maka sadarilah bahwa sholat malam merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi kepada Allah dengan cara yang paling dekat. Hanya ada Allah, sunyinya malam dan keluh kesah kita. Jika kita masih manusia yang membutuhkan pegangan, maka hal itu akan terasa begitu indah.

Hindari Makan dan Minum Berlebihan

Terlalu banyak makan dan minum bisa menyebabkan kita malas bergerak dan hanya ingin tidur. Maka, agar kita bisa bangun di malam hari untuk sholat, makan dan minumlah dengan wajar. Rasulullah sendiri selalu mengajarkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, karena sesungguhnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Hindari Menghabiskan Waktu Terlalu Banyak Di Kantor / Pekerjaan

Sebuah pepatah mengatakan, letakkan dunia di tanganmu, tapi jangan di hatimu. Bekerja dengan maksimal boleh saja, tapi kita tetap harus ingat bahwa masih ada hal lain yang harus kita kejar selain soal duniawi. Hindari bekerja melebihi batas jam kerja sehingga membuat kita kelelahan setiap hari dan tidak punya energi untuk bangun sholat malam.

(Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Stress Karena Pekerjaan)

Tidur Siang

Jika waktu sedang memungkinkan, misalnya di akhir pekan, meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang menjadi cara yang ampuh agar kita bisa bangun tengah malam untuk sholat malam.

Rahasiakan antara Kita dengan Allah Saja

Ketika suatu ibadah dilakukan hanya untuk dipamerkan, maka kita akan kehilangan esensi dan kenikmatannya. Maka, agar ibadah kita tetap terasa nikmat dan membahagiakan, biarkanlah aktivitas kita untuk bangun sholat setiap malam hanya menjadi rahasia kita dan Allah saja.

(Baca juga: 3 Golongan Orang yang Akan Lebih Dulu Dilemparkan Ke Neraka)

Mulai Hari Ini Juga

Banyak orang ingin memulai sesuatu yang baru di esok hari, lalu tertunda hingga keesokan hari yang seterusnya. Jadi, untuk apa ditunda sampai esok hari, mulailah sekarang juga, malam ini juga.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memulai dan menjaga konsistensi sholat malam. Yuk, kita maksimalkan waktu malam kita untuk berduaan dengan Allah, apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan dimana pahala sholat malam akan berlipat-lipat pahalanya daripada sholat malam di bulan-bulan sebelumnya.

(Visited 11,491 times, 2 visits today)