5 Cara Agar Bisa Khatam Qur’an Di Bulan Ramadhan Kali Ini

470 views
lantern

Dailymoslem – Bisa menyelesaikan membaca Al-Qur’an atau khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan mungkin menjadi impian sebagian banyak muslim. Namun, seringkali target satu ini terbengkalai karena berbagai kesibukan.

Nah, agar di tahun ini kita tidak lagi melewatkan khatam Qur’an, yuk coba terpkan beberapa cara berikut ini.

Tentukan Tujuan

Sebelum memulai untuk mengaji, pastikan kamu menentukan tujuan kamu khatam Qur’an kali ini, agar langkah untuk mengaji setiap hari jadi lebih ringan karena teringat tujuan. Misalnya, kamu bisa menentukan tujuan untuk semakin memahami isi Al-Qur’an sehingga lebih fokus membaca Qur’an terjemahan.

Jadwalkan

Dengan menjadwalkan waktu untuk membaca Qur’an, kamu juga bisa mengestimasi waktu yang kamu butuhkan untuk mengkhatamkannya. Misalnya satu jam setelah shubuh dan setengah jam setelah sholat wajib lainnya.

(Baca juga: 5 Kebaikan yang Bisa Didapat Dari Membaca Qur’an)

Konsisten

Setelah menentukan jadwal, pastikan kamu juga konsisten dengan jadwal yang sudah kamu tentukan. Konsistensi menjadi kunci dari kesuksesan kamu mengkhatamkan Qur’an.

Cari Teman Seperjuangan

Teman dengan tujuan yang sama yaitu mengkhatamkan Qur’an di Ramadhan kali ini juga bisa membuat langkahmu jadi lebih ringan untuk mengaji setiap hari. Kamu bisa mengikuti berbagai komunitas mengaji yang sekarang banyak menjamur.

(Baca juga: Ngaji Bareng One Day One Juz)

Manfaatkan Setiap Waktu Luang

Selain waktu yang dijadwalkan, kamu juga bisa memanfaatkan setiap waktu luang untuk membuka dan membaca Qur’an. Selain bisa lebih cepat, jika sewaktu-waktu kamu harus melanggar jadwal karena ada keperluan tertentu juga kamu sudah membayarnya di waktu lain.

(Visited 461 times, 1 visits today)