Dua Waktu Mustajab Doa Di Hari Jumat

857 views

Dailymoslem – Sebagaimana kita ketahui bahwa hari Jumat merupakan hari yang dimuliakan dalam agama Islam. Dari tujuh hari dalam seminggu, maka hari Jumat merupakan raja dari seluruh hari yang ada dan merupakan sebaik-baiknya hari. Dari Abu Hurairah Radhiayallahu’anhu  dari Rasulullah Shalallahu’alaihi wa Salam bersabda:

Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jumat. (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim)

Pada hari Jumat ini pun ada beberapa waktu yang jika kita berdoa didalamnya, niscaya Allah akan mengijabahnya. Rasulullah Salallahu’alaihi wa Salam bersabda:

Sesungguhnya di dalam hari Jumat ini, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jumat) sedangkan ia dalam keadaan berdiri shalat memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan Allah berikan padanya.” (HR. Muttafaq Alaihi)

Waktu-waktu tersebut adalah ketika imam (khatib) naik mimbar untuk khutbah sampai dengan selesainya sholat Jumat dan setelah shalat Ashar hingga tenggelamnya matahari (magrib). Ibnu Qayyim Al Jauziyah mengatakan “Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadist yang shahih, pertama saat duduknya khatib samapai selesainya shalat. Kedua sesudah Ashar dan ini adalah pendapat terkuat dari dua pendapat tadi (Zadul Ma’ad jilid I/389-390).

Jangan sampai lewatkan waktu-waktu mustajab tersebut. Meskipun pada dasarnya setiap doa yang di utarakan oleh hamba-Nya pasti akan dikabulkan dalam tiga macam cara, yaitu mengambulkannya secara langsung, menggantinya dengan yang lebih baik, atau menundanya hingga menjadi kebaikan di akhirat kelak.

(Visited 751 times, 1 visits today)