Cara Paling Tepat Untuk Merawat Pakaian Sutra

1320 views

Dailymoslem – Sutra merupakan salah satu kain terbaik yang ada didunia. Kain ini merupakan serat protein alami yang ditenun menjadi tekstil. Meskipun harganya mahal, namun hal tersebut sebanding dengan kualitas , keindahan dan kemewahan yang didapatkan. Sutra memiliki tekstur yang lembut, halus namun tidak licin. Dengan kulitas yang sangat mengagumkan, perawatan kain sutra juga harus dilakukan secara spesial. Jika salah merawat, kain sutra dapat mengalami kerusakan. Berikut Shafira akan memberikan tips dalama merawat kain sutra.

Pencucian kain Sutra

Pastikan anda memisahkan kain sutra dengan pakaian lain. Sangat dianjurkan untuk mencucinya secara manual. Mencuci menggunakan mesin cuci akan mengakibatkan kain sutra rusak dan kusut. Gunakan shampo sebagai bahan pengganti detergen. Hal ini akan melindungi kain sutra dari panasnya detergen, sehingga kain sutra akan tetap lembut dan halus.  Penggunaan sabun khusus seperti sabun lerak lebih direkomendasikan. Jika anda memakai shampo, pastikan shampo yang digunakan tidak mengandung minyak atau petroleum karena akan membuat kain sutra anda menjadi lengket. Hindari juga penggunaan pemutih untuk menjaga warna indah dari kain sutra anda.

Sebaiknya tidak menggunakan sikat dalam proses pembersihan kain sutra. Usap-usapkan buih sabun secara merata ke seluruh bagain pakaian. Cukup gosokan kain mengunakan tangan untuk menghilangkan noda. Namun jika anda menemukan noda yang sulit dihilangkan, percikan sedikit cuka pada bagian yang  terkena noda kemudian gosok dengan jari secara lembut sampai noda menghilang. Setelah itu cuci ulang memakai shampo.

Membilas Kain Sutra

Sediakan air hangat kurang lebih 30o C untuk membilas kain sutra yang telah dicuci. Hal ini dilakukan agar zat pelapis kain sutra dapat bersinar seperti baru. Bilas sebanyak 2 hingga 3 kali, usahakan untuk tidak memeras kain sutra secara langsung namun dengan cara dilapisi dengan handuk terlebih dahulu.

Menjemur Kain Sutra

Hindari menjemur langsung dibawah sinar matahari untuk menghindari kerusakan pada benang. Karena jika benang-benang yang menyusun kain sutra rusak, hal tersebut akan mengakibattkan bahan sutra kendor dan memudar. Sebaiknya kain sutra digantung dan diangin-anginkan ditempat yang teduh. Gunakan pemberat dibagian bawah kain, jika kain sutra yang anda cuci berjenis sarung tenun sutra.

Menyetrikan Kain Sutra

Untuk menyetrika kain sutra, sebaiknya dilakukan dalam kondisi yang masih lembab dengan temperatur setrikaan di level silk. Sebaiknya, setrika bagian dalam kain dan lapisi dengan kain katun. Pemberian pewangi pakaian juga tidak boleh dilakukan secara langsung. Semprotkan pada kain pelapis kemudian setrika kain sutra dengan ditutupi kain pelapis tersebut.

Menyimpan Kain Sutra

Jika anda ingin menyimpan kain sutra di dalam lemari, upayakan untuk menggantungnya dibandingkan dengan melipatnya. Pilih hanger yang dilengkapi busa agar tidak merusak serat sutra tersebut. Jika diharuskan untuk melipat kain sutra, gunakan pembungkus dari kain katun untuk melapisinya. Hindari pembungkus dari bahan plastik karena akan menyebabkan kain sutra menjadi berjamur.

Tidak dianjurkan untuk menyimpan kain sutra di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Selain itu biasakan menebar kamper anti serangga atau akar wangi untuk melindungi kain dari ngengat lemari pakaian. Anda juga bisa menyelipkan merica yang dibungkus tisu dalam lemari.

 

(Visited 500 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]