Cara Menghadapi Patah Hati Dalam Islam

1082 views

Dailymoslem – Perasaan cinta kepada lawan jenis adalah anugerah dari Allah yang begitu indah, tapi saat keadaan ternyata tidak sesuai dengan keinginan kita, hatipun patah.

Cinta bertepuk sebelah tangan, pernikahan yang batal atau pertunangan yang batal bisa menjadi penyebab patah hati yang menyakitkan. Sejatinya, patah hati adalah suatu hal yang wajar dan merupakan pembelajaran bagi kita untuk menyambut cinta yang sebenarnya disiapkan Allah untuk kita.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan ketika sedang patah hati?

Berserah Diri Kepada Allah

Tujuan kita menikah adalah memiliki pasangan yang dapat memberikan ketenangan hidup. Namun, jika jodoh itu belum dibukakan pintunya oleh Allah, maka berserahlah kepada Allah, insha Allah kita akan mendapatkan ketentraman.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”  (Ar-Rad: 28)

Percayalah, Rencana Allah Pasti Lebih Baik

Melepaskan sesuatu yang kita inginkan tentu akan menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Tapi, jika Allah berkata demikian, maka Allah pasti sudah menyiapkan sesuatu yang lebih indah bagi kita di depan sana. Yakinlah, Allah sendiri sudah berjanji bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan, maka setelah kesulitan itu ada kemudahan (QS. Al-Insyirah: 5-6)

(Baca juga: Tak Perlu Panik Mencari, Jodoh Akan Datang Seiring Kita Memperbaiki Diri)

Lepaskanlah Apa yang Kamu Sayangi untuk Allah, Maka Allah Akan Mengganti dengan yang Jauh Lebih Baik

Cinta antara laki-laki dan perempuan yang sesungguhnya haruslah cinta yang karena Allah. Jika memang kita ditakdirkan untuk tidak bersama dirinya, maka lepaskanlah dan kembalilah kepada Allah. Cintai Allah terlebih dulu sebelum kita mencintai pasangan, insha Allah, Allah akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik, yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Aamiin

(Baca juga: 4 Doa Mustajab untuk Mendapatkan Jodoh)

(Visited 819 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS