Cara Mengatur Biaya Pernikahan buat Kamu yang Ingin Jadi Wedding Organizer untuk Pernikahanmu Sendiri

689 views
Cara Mengatur Biaya Pernikahan buat Kamu yang Ingin Jadi Wedding Organizer untuk Pernikahanmu Sendiri

Dailymoslem – Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting bagi semua orang. Kita semua pasti menginginkan momen pernikahan yang bisa dikenang di kemudian hari. Salah satu cara untuk membuat pernikahan kita tepat seperti yang kita inginkan adalah menjadi wedding organizer untuk pernikahan kita sendiri.

Tentunya selain bisa mengatur pesta pernikahan sesuai keinginan kita, menjadi wedding organizer untuk pernikahan kita sendiri juga dapat menekan biaya pernikahan tanpa harus menyewa wedding organizer.

Mungkin kamu akan cukup sibuk mempersiapkan segala sesuatu, tapi semua itu akan terbayar dengan pernikahan yang persis seperti apa yang kita inginkan, yang akan kita kenang dengan manis di kemudian hari.

Salah satu hal terpenting dalam mengatur pesta pernikahan adalah memastikan semua dana dialokasikan dengan tepat untuk setiap keperluan. Tanpa perencanaan yang jelas, kamu hanya akan menghabiskan banyak uang untuk ini-itu yang harus ‘sesuai dengan keinginan.’

Well, pesta pernikahan sesuai keinginan ‘kan bukan berarti kamu bisa menyewa apa saja dan membuat apa saja tanpa pertimbangan budget. Nah, berikut ini adalah cara mengatur alokasi biaya pernikahan agar kamu tidak menghabiskan terlalu banyak dana untuk hal-hal yang tidak perlu. Oh ya, rincian dana ini tidak mencantumkan bujet untuk menyewa gedung atau venue, cocok untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan dan resepsi di rumah.

45% untuk Makanan atau Catering

Tujuan utama dari resepsi pernikahan adalah berbagi kebahagiaan dengan kerabat dan keluarga. Jadi, menjamu tamu adalah poin yang harus mendapat alokasi dana paling besar dari keseluruhan budget kamu. Budget makanan juga termasuk untuk wedding cake kamu, ya.

5% untuk Transportasi

Siapkan dana transportasi untuk mobil pengantin atau kendaraan untuk mengangkut anggota keluarga ke lokasi pernikahan. 5% sudah cukup.

10% Hiburan

Hiburan apa yang kamu inginkan untuk para tamu? Live band? Tari-tarian? Atau special performance? Alokasikan 10% dana untuk kepentingan ini.

10% untuk Dekorasi

Tenda, bunga-bunga, kursi tamu, pelaminan, meja prasmanan, stand makanan dan berbagai kebutuhan dekorasi lainnya akan membutuhkan sekira 10% dari budget kamu.

10% untuk Bridal dan Make-up

Semua orang pasti ingin terlihat paling cantik di hari pernikahan, tapi jangan lupa juga untuk mencari bridal dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Alokasi dana 10% sudah termasuk baju pengantin, baju kedua orangtua mempelai, juga baju pagar ayu dan pagar bagus.

10 % untuk Fotografi

Alokasikan juga 10% dana untuk kebutuhan fotografi dan videografi untuk pre-wedding dan merekam momen-momen di hari pernikahan. Agar momen indahmu bisa dikenang dengan manis, pilih fotografer yang bisa mengambil gambar-gambar candid, ya! Pasti banyak yang bisa kamu kenang di kemudian hari jika si fotografer bisa menangkap momen-momen indah dan mengharukan melalui foto-foto candid.

4% untuk Undangan dan Souvenir

Untuk undangan dan souvenir, sisakan bujet sekitar 4%. Gunakan juga undangan digital untuk teman-teman yang bisa dijangkau lewat chatting atau media sosial untuk semakin menekan biaya operasional.

6% untuk Dokumen dan Penghulu

Siapkan juga dana sekitar 6% dari budget kamu untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan dokumen ke KUA dan juga membayar penghulu. (Catatan: Jumlah untuk keperluan dokumen dan penghulu biasanya berubah-ubah. Untuk saat ini sekitar 1,5 juta untuk dokumen dan sekitar 600 ribu untuk penghulu.)

Nah, itulah kita-kira alokasi dana yang tepat untuk berbagai kebutuhan di hari pernikahan. Ada yang berminat untuk menikmati kesibukan yang indah sebagai self-wedding organizer?

(Visited 2,009 times, 1 visits today)