Cara Mengatasi Iri Hati Menurut Ajaran Islam

3956 views

Dailymoslem – Penyakit iri hati telah ada dalam diri anak adam bahkan sejak keturunan paling awal, yaitu ketika Qabil iri kepada saudaranya yang mendapat istri lebih cantik dari dirinya, hingga Qabil membunuh saudaranya sendiri, Habil.

Seperti dilansir dari onislam.net, Syekh Salman Al-Aodah menyatakan bahwaperasaan iri hati berasal dari rasa ingin menghapuskan anugerah yang dimiliki oleh orang lain, perasaan untuk memindahkan anugerah tersebut kepada dirinya.

Meski awalnya hanya iri hati biasa, penyakit kecil ini bisa menjadi penyakit parah yang menjangkiti manusia dan menyebabkan masalah besar. Contohnya saja Qabil yang sampai hati membunuh saudaranya sendiri karena iri hati.

Dalam Islam, ada 4 cara untuk mengatasi iri hati dan dengki.

Bersyukur

Sebelum kita merasa Allah tidak adil karena memberikan rahmat yang lebih banyak kepada orang lain, sebaiknya kita mengingat-ingat betapa banyak rahmat yang telah Allah berikan kepada kita. Syukuri setiap nikmat yang Allah anugerahkan kepada kita, karena sesungguhnya Allah akan memberi lebih banyak pada mereka yang bersyukur. Lagipula, yang kita lihat hanya kesuksesan orang tersebut tanpa kita tahu usaha yang dilakukannya. Bisa jadi dia memang melakukan usaha yang jauh lebih besar daripada yang kita lakukan selama ini.

Berserah Diri

Sesungguhnya Allah itu sesuai dengan prasangka makhluknya. Jika kita berprasangka baik, maka Allah pun akan memberikan jalan yang baik bagi kita. Jika kita berprasangka buruk, maka jalan buruklah yang akan kita tempuh. Kita tidak pernah tahu alasan Allah memberikan ujian dan rahmat kepada makhluknya. Maka berserah dirilah kepada Allah kerena sesungguhnya lebih banyak yang tidak kita ketahui daripada yang kita ketahui.

Sesungguhnya Segala Sesuatu yang Ada di Dunia Ini Adalah Ujian dari Allah

Baik itu adalah kekayaan, kemiskinan, kepopuleran maupun keterpurukan, semua adalah ujian dari Allah. Pada saat kita iri terhadap kekayaan yang dimiliki orang lain, kekayaan itu sesungguhnya ujian bagi orang tersebut, dan kita juga tidak pernah tahu orang yang kita cemburui mungkin sedang berusaha melewati ujian yang kita tidak lihat.

Berdoa

Sesungguhnya perasaan iri hati adalah perasaan yang sangat manusiawi. Jadi, setiap kali kamu merasa iri hati atas keberuntungan yang didapat orang lain, berdoalah kepada Allah. Berdoalah agar Allah menyucikan hatimu, jangan sampai kita mendoakan keburukan terhadap orang lain hanya karena iri hati yang mengerikan. Doa adalah pintu yang selalu terbuka bagi mereka yang beriman.

Subhanallah, semoga kita selalu ada dalam lindungan dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aamiin.

(Visited 792 times, 10 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]