Cara Membuat Media Sosial Menjadi Ladang Pahala

482 views
mengingatkan lewat sosmed

Dailymoslem – Kecanggihan yang sangat mudah didapatkan di zaman sekarang, seharusnya tidak hanya menjadi sarana kemaksiatan namun menjadi ladang pahala bagi kita yang menggunakannya. Apalagi sosial media yang marak digunakan oleh banyak anak muda. Seharusnya bukan hanya digunakan untuk pamer harta dan keberuntungan semata, namun dijadikan media untuk mengingatkan satu sama lain.

Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat.” (HR. Bukhari)

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memerintahkan untuk menyampaikan perkara agama dari beliau, karena Allah subhanahu wa ta’ala telah menjadikan agama ini sebagai satu-satunya agama bagi manusia dan jin. Allah Berfirman:

Pada hari ini telah kusempurnakan bagimu agamamu dan telah kusempurnakan bagimu nikmat-Ku dan telah aku ridhai Islam sebagai agama bagimu” (QS. Al Maidah : 3).

 Tentang sabda beliau, “Sampaikan dariku walau hanya satu ayat”, Al Ma’afi An Nahrawani mengatakan, “Hal ini agar setiap orang yang mendengar suatu perkara dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersegera untuk menyampaikannya, meskipun hanya sedikit. Tujuannya agar nukilan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dapat segera tersambung dan tersampaikan seluruhnya.” Hal ini sebagaimana sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Hendaklah yang hadir menyampaikan pada yang tidak hadir”.

Meskipun kita tidak pernah hadir secara langsung di dakwah-dakwah yang disampaikan beliau, tapi tidak ada salahnya mengutip beberapa dalil atau ayat al-Quran untuk saling mengingatkan satu sama lain. Siapa tau, ada orang yang tiba-tiba hatinya terketuk untuk bertaubat setelah membaca potongan ayat Al-Quran atau dalil yang kita kutip. Allah kan Maha Membolak-balikan hati manusia dan cara apapun dapat dilakukan-Nya.

Selain itu, sebelum mengingatkan orang lain sebaiknya kita juga mengingatkan diri sendiri dan berusaha untuk memperbaikinya. Sehingga kita tidak akan dicap orang munafik. Nah, dengan begitu insya Allah kita akan menjadi orang yang jauh lebih baik lagi.

Amin.

(Visited 339 times, 1 visits today)