Bunda, Begini Agar Anak Tidak Cemburu Pada Adiknya

240 views Leave a comment
agar anak tidak cemburu pada adiknya

DailymoslemMemiliki anak kedua atau ketiga dan seterusnya memang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Namun biasanya anak pertama terkadang menjadi cemburu dan berkelakuan kurang baik terhadap sang adik.

Wajar memang sang kakak merasa cemburu pada adiknya. Ia merasa bahwa perhatian orang tua yang selama ini hanya untuk dirinya menjadi terbagi atau bahkan berkurang. Kemudian ia mulai melakukan aksi mencuri perhatian yang kadang menjadi keterlaluan.

Kecemburuan tersebut pada dasarnya adalah rasa takut kehilangan perhatian dari orang tua dan orang disekitarnya yang lain. Kehadiran adik bayi ditengah keluarga juga biasanya menjadi fokus baru keluarga sehingga sang kakak melakukan suatu hal yang bertujuan untuk mencari perhatian. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi atau setidaknya bisa diminimalisir dengan cara-cara berikut ini.

Buka pikiran sang kakak dengan menceritakan kisah-kisah inspiratif

Menceritkan kisah-kisah heroik seorang kakak yang menjaga adik dan keluarganya atau cerita adik-kakak yang lainnya akan membuka pikiran sang kakak secara berangsur. Dengan seringnya melihat cerita-cerita baik mengenai adik-kakak dirinya akan mulai mengetahui apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang kakak.

Seringlah melibatkan sang kakak saat mengurus adik

Cara ini bukan hanya menumbuhkan sikap berbagi saja, namun juga sikap tanggung jawabnya. Selain itu, dirinya akan merasa diakui dan dibutuhkan oleh orang tua dan adiknya. Dengan begitu, kasih sayangnya terhadap adik akan tumbuh.

Memuji kakak didepan adik bayi

“Kalo sudah besar nanti, Insya Allah adik akan jadi anak baik seperti kakak ya.” Ya, setiap anak kecil pasti senang jika dipuji apalagi dijadikan role model bagi adikny yang lain. Selain merasa bangga, sang kakak juga akan terus mempertahankan sikap baiknya tersebut.

Pastikan ibu memiliki waktu khusus bersama kakak

Mengasuh bayi memang mengharuskan seorang ibu fokus mengasuhnya. Memberikan ASI, menganggti popok berkali-kali, menggendong saat bayi menangis dan lain sebagainya. Terkadang waktu satu hari tidak terasa sudah berlalu sehingga ibu terkadang sulit untuk mendekati sang kakak.

Meski begitu, waktu dan perhatian ibu tidak boleh sampai hilang kepada anak yang lainnya. Sebaiknya saat bayi tidur, ibu menggunakan waktu untuk bermain dengan sang kakak sehingga ia tidak merasa diacuhkan.  

 

(foto via: instagram/riamiranda)

(Visited 1,416 times, 1 visits today)