Bulan Puasa Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Perbaiki Diri

499 views
Percayalah Bahwa Memaafkan Itu Membebaskan Jiwa

Dailymoslem –  Puasa adalah salah satu ibadah yang mengajari kita tentang kesabaran. Karena saat berpuasa, kita dituntut untuk menahan hawa nafsu yang kadang muncul secara tiba-tiba. Seperti nafsu makan, nafsu karena emosi, syahwat dan nafsu-nafsu lainnya.

Untuk mengendalikan nafsu tersebut kuncinya adalah sabar. Tahan menghadapi cobaan yang menghadang. Tidak cepat marah, putus asa atau bahkan berani mengakhiri hidup sendiri. Dan dalam puasa, sabar adalah poin utama.

Puasa itu kesabaran dan kesabaran itu sebagian dari iman.” (HR. Ibnu Majah)

Bulan puasa adalah salah satu waktu yang untuk merubah diri menjadi lebih baik. Jika tadinya menunda-nunda shalat, saat bulan puasa shalatnya lebih tepat waktu karena mengejar pahala yang berlipat-lipat. Jika tadinya pelit menyedekahkan sebagian harta, saat bulan puasa jadi lebih getol berbagi. Begitupun dengan sahalat malam, menuntut ilmu, mengaji, bersilaturahmi dan kegiatan positif lainnya yang mungkin sudah terlupakan di bulan-bulan biasa.

Meskipun pada awalnya kita berniat mengejar pahala, namun dengan adanya kontinyuitas insya Allah  menjadi sebuah kebiasaan yang akan terus dilakukan. Seiring dengan kita merubah niat dan pola pikir insya Allah kita akan menjadi seorang yang selalu berpikir positif.

Semoga, di bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, kita diberikan waktu untuk memanfaatkan Ramadhan sebaik-baiknya. Semoga, Allah berkenan untuk menjadikan diri kita menjadi kembali suci seperti bayi yang baru lahir. Amiin

(Visited 340 times, 1 visits today)