Buat Kamu yang Masih Suka Malas Sholat Shubuh, Coba Baca 5 Keutamaan Sholat Shubuh Berikut Ini

3470 views

Dailymoslem – Saat adzan shubuh dikumandangkan, kita mendengar lafadz “assholatukhoirum minannaum” yang artinya sholat itu lebih baik daripada tidur.

Ada banyak kebaikan yang bisa kita dapatkan dengan bangun dan sholat shubuh daripada terus bermalas-malasan dibalik selimut. Nah, jika kamu masih suka malas untuk sholat shubuh, coba baca dulu 5 keutamaan sholat shubuh berikut ini.

Melapangkan Rezeki

Dalam hadist yang diriwayatkan Baihaqi, Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“…Hai Fatimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rab-mu, karena Allah membagikan rezeki para hamba antara salat subuh dan terbitnya matahari.”

Jadi, pepatah orangtua yang mengatakan bahwa rezeki kita akan dipatok ayam jika bangun terlalu siang itu ada benarnya juga. Semakin pagi kita bangun, semakin awal kita siap untuk bekerja menjemput rezeki.

Menjaga Diri Seorang Muslim

Allah akan menjamin diri seorang muslim yang menjalankan dan menjaga sholatnya sesuai dengan tuntunan syariah. Sebuah hadist mengatakan:

“Barangsiapa melaksanakan salat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-Nya kepada kalian dengan sebab apapun.” (HR. Muslim).

(Baca juga: Usir Syaitan Subuh dengan Kebiasaan-Kebiasaan Kecil Ini)

Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Ketika kita bangun dan menolak godaan syetan di pagi hari untuk bermalas-malasan di balik selimut, bangkit untuk menunaikan ibadah kepada Allah, maka hal itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.

“Dua rakaat salat Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.”

Sholat Shubuh Dihitung Seperti Sholat Malam Penuh

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Barangsiapa yang salat Isya berjamaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

(Baca juga: Rahasia Sholat Di Awal Waktu Berdasarkan Perubahan Warna Alam)

Dicatat Dua Malaikat

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (HR. Bukhori dan Muslim).

Sholat shubuh disaksikan oleh dua kelompok malaikat, yaitu malaikat malam yang baru selesai mengerjakan tugas dan malaikat siang yang baru hadir untuk menjalankan tugasnya. Maka kedua malaikat tersebut turut mendoakan kita saat menyaksikan kita menunaikan sholat shubuh.

Subhanallah. Masihkah kita malas bangun untuk sholat shubuh?

(Visited 11,119 times, 1 visits today)