Berdoalah, Karena Sesungguhnya Allah Itu Dekat

957 views

Dailymoslem – Sebagai umat muslim, kita memliki senjata untuk menghadapi berbagai cobaan hidup, mulai dari cobaan yang berbentuk nyata, maupun cobaan yang menyebabkan kegundahan hati. Senjata itu adalah do’a.

Kita semua meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi pada kita adalah garis takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah. Maka ketika kita merasa hidup ini terasa begitu berat, kepadaNya-lah kita mengadu dan memohon kemudahan.

(Baca juga: 14 Waktu yang Baik untuk Berdo’a Agar Dikabulkan)

Do’a adalah satu-satunya yang dapat menghubungkan kita dengan Allah, cara kita untuk berkomunikasi dengan Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ” (QS. Al -Baqarah: 186).

Dalam tafrisnya, Ibnu Katsir Rahimahullah menjelaskan bahwa maksud dari ayat ini adalah tidak ada sesuatupun yang menyibukkan Allah sehingga Allah tidak mendengar do’a kita. Allah tidak akan mengecewakan orang yang berdo’a, setiap do’a pasti didengarNya.

Berdo’a juga merupakan salah satu cara untuk mengakui bahwa sebenarnya kita tidak memiliki kuasa apapun, hanya Allah-lah yang memiliki kuasa atas segala sesuatu yang ada di atas bumi ini.

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.’” (QS. Al Mu’min : 60).

Maka berdoalah, karena sesungguhnya Allah itu dekat, bahkan lebih dekat kepadamu daripada urat kerongkonganmu sendiri.

(Baca juga: 10 Hal yang Menyebabkan Do’a Tak Pernah Terkabul)

(Visited 837 times, 1 visits today)