Berdo’a dan Bertaubatlah di Malam Nisfu Sya’ban

1618 views
nisfu sayban

Dailymoslem – Kebanyakan muslim mungkin sudah akrab dengan malam Nisfu Sya’ban, yaitu malam tanggal 15 Sya’ban, beberapa malam lagi menjelang Ramadhan.

Malam Nisfu Sya’ban dikenal sebagai malam pengangkatan amal, dimana semua amal-amal kita selama setahun belakangan diangkat dan dilaporkan kepada Allah, kemudian kita memiliki catatan amal yang baru untuk setahun kedepan.

Namun, ada beberapa hal tentang malam keutamaan malam Nisfu Sya’ban yang jarang diketahui oleh umat muslim. Di antaranya adalah bahwa malam Nisfu Sya’ban ini merupakan malam mustajab do’a dan diampuninya semua dosa-dosa kita jika kita bertaubat.

(Baca juga: Tiga Keutamaan Bulan Sya’ban yang Jarang Diketahui Umat Muslim)

Malam Mustajab Do’a

Imam Syafii rahimahullah berkata : “Doa mustajab adalah pada 5 malam, yaitu: malam jumat, malam Idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu sya’ban.”

Maka, jika kita memiliki suatu keinginan atau hajat di Ramadhan ini atau di tahun mendatang, maka berdoalah dengan kesungguhan di malam Nisfu Sya’ban. Insha Allah do’a kita malam ini memiliki keistimewaan tersendiri daripada do’a di malam-malam sebelumnya.

(Baca juga: Berdoalah, Karena Sesungguhnya Allah Itu Dekat)

Malam Diampunkannya Dosa

Aisyah Radhiallahu ‘Anhu berkata:

Rasulullah berdiri sembahyang dan kemudian sujud sangat lama sehingga aku menyangka beginda telah wafat. Was – was aku melihat sedemikian maka aku gerak-gerakan hujung kaki beliau maka bergeraklah.  Kemudian aku kembali ke rumah dan ketika beginda selesai dari sembahyang,  Baginda datang dan berkata: “tahukah kamu malam apakah ini?

Berkata Aisyah, “Allah dan Rasulnya yang lebih tahu”

Berkata Baginda, “Malam ini adalah malam Nisfu sya’ban sesungguhnya Allah Memandang dan mengampuni hamba-hambanya pada malam ini.”

Mari kita maksimalkan malam penuh rahmat dan berkah yang sudah dikaruniakan Allah kepada kita dengan memanfaatkannya sebaik mungkin.

(Visited 3,502 times, 1 visits today)