Benarkan Meninggal Pada Hari Atau Malam Jumat Dapat Terhindar Dari Siksa Dan Fitnah Kubur?

307 views
ziarah-kubur

Dailymoslem – Jumat disebut-sebut sebagai rajanya hari. Ia memiliki banyak keuatamaan salah satunya adalah adanya shalat sunnat yang wajib dikerjakan oleh kau lelaki di hari ini. Selain itu, ada juga hadits yang mengatakan bahwa seseorang yang meinggal di hari Jumat, maka ia akan masuk ke dalam surga.

Berikut bunyi hadits tersebut. Dari  Abdullah bin ‘Amru ra, ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, ‘Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat, kecuali Allah melindunginya dari fitnah (azab) kubur.” (HR Tirmizi dan Ahmad)

Sebenarnya, para ulama berbeda pendapat mengenai hadits satu ini. Beberapa ulama berpendapat hadits tersebut dhaif. Imam Tirmizi ketika meriwayatkan hadits ini menjelaskanbahwa hadits tersebut adalah hadits yang gharib  (terputus). Kemudia beliau menegaskan kembali bahwa sanadnya tidak tersambung.

Ibnu Hajar al-‘Asqalani menegaskan dalam kitab Fathul Bari sanad hadis ini dhaif dan juga diriwayatkan oleh Abu Ya’la dengan lafaz yang semisalnya dari Hadis Anas bin Malik, tetapi sanadnya lebih dhaif lagi.

Syekh Syu’aib Al-Arnauth ketika memberi komentar terhadap hadis ini dalam Musnad Imam Ahmad mengatakan sanad hadis itu dhaif.

Sedangkan, Syekh Albani dalam kitabnya Ahkam al-Janaiz mengatakan hadis ini berdasarkan banyaknya jalur periwayatan, yakni hadis hasan atau sahih.

Namun tentunya, jika hadits ini benar maka seseorang yang meninggal di hari Jumat adalah orang-orang yang benar-benar shaleh. Karena orang yang meninggal dalam kemusyrikan tidak akan masuk kedalam syurga meski meninggal pada hari atau malam Jumat.

Sebagai seorang muslim kita tidak boleh memastikan seseorang akan masuk ke syurga atau ke neraka. Kecuali yang sudah disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Sebagian ulama lain pun mengatakan jika memang kematian seseorang pada hari tertentu memiliki keistimewaan misalnya seperti dalam hadits diatas yaitu hari Jumat. Maka Rasul tidak akan meninggal pada hari Senin, namun pada hari Jumat.

 

(Visited 357 times, 1 visits today)