Belajar dari Cermin: Seorang Mu’min Merupakan Cermin Bagi Saudara Mu’min Lainnya

614 views
Belajar dari Cermin: Seorang Mu’min Merupakan Cermin Bagi Saudara Mu’min Lainnya

Dailymoslem – Cermin adalah tempat kita melihat segala kebaikan dan kotoran dari wajah kita. Di sinilah kita mensyukuri kelebihan kita dan memperbaiki kekurangan kita.

Itulah seorang mu’min dan mu’min lainnya, cermin bagi satu sama lain. Segala yang menjadi kebaikannya maka juga menjadi kebaikan kita, dan segala yang menjadi kekurangannya juga merupakan kekurangan kita.

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Seorang mu’min merupakan cermin bagi saudara mu’min yang lain.” (HR. Imām Bukhari dalam Adabul Mufrād)

Pada saat melihat cermin dan menemukan kekurangan di wajah, kita ingin memperbaiki diri dan menghilangkan kekurangan tersebut. Misalnya masker wajah agar wajah tidak berminyak atau membeli krim jerawat untuk mengurangi jerawat.

(Baca juga: 10 Jenis Tangisan yang Bisa Membawa Keberkahan)

Begitu juga ketika kita melihat kekurangan dalam diri seorang muslim yang kita temui, yang kita lihat juga sebenarnya adalah kekurangan kita. Dan ketika kita mengingatkan kekurangannya tersebut dan mengajaknya untuk memperbaiki diri, saat itulah kita juga sebenarnya sedang memperbaiki diri sendiri.

Selain itu, kita juga harus mencontoh cara cermin menunjukkan kotoran kita. Cermin hanya menunjukkan kekurangan kita pada diri kita sendiri, cermin tidak membongkar aib dan kekurangan kita pada orang lain, meski orang lain tersebut bercermin pada cermin yang sama yang baru kita gunakan. Cermin mengungkapkan kekurangan kita secara langsung dan merahasiakannya hanya kepada kita.

(Baca juga: 10 Hal yang Menyebabkan Do’a Tak Pernah Terkabul)

Maka begitulah kita seharusnya dengan sesame muslim. Jika kita ingin mengingatkan seorang muslim atas kekurangan atau kesalahan yang telah dilakukannya, berlakulah seperti cermin. Katakan dan ungkapkan hal tersebut hanya kepada orang itu saja, tidak perlu dikatakan dengan ucapan yang kasar, apalagi di depan banyak orang.

Subhanallah. Semoga kita selalu diingatkan untuk terus berada di jalan Allah, juga selalu dikumpulkan dengan orang-orang yang berjuang di jalan Allah. Aamiin.

Featured image: alexbakerphotography.com
(Visited 455 times, 1 visits today)