Beberapa Tips Ampuh Untuk Menghindari Begal

1039 views

Dailymoslem – Kejahatan begal semakin hari semakin menjadi. Pelaku kejahatan bukan hanya berani mengambil harta dari korban, namun sampai tega menghabisi nyawanya.  Bahkan meskipun korban sudah bersedia menyerahkan harta, pelaku tetap saja melakukan tindak kekerasan yang mungkin dapat menyebabkan trauma pada korban. Seperti yang dialami Tumi, perempuan muda yang dilempar sekelompok begal ke dalam kali Krukut. Padahal sebelumnya ia sudah rela menyerahkan motor dan tidak melakukan perlawanan, namun tindakan tersebut belum dapat menghetikan kawanan begal untuk tidak melakukan tindakan brutal.

Kebanyakan pelaku begal diketahui masih berusia muda bahkan banyak diantaranya yang masih berstatus pelajar. Meskipun begitu para pelaku sudah berani melakukan tidak kekerasan dan membekali diri dengan senjata tajam seperti golok, celurit, samurai bahkan pistol. Amarah warga yang sampai membakar pelaku begal juga bukan suatu hal yang bisa menghentikan kejahatan ini.

Setidaknya sebagai pengendara, kita dapat meminimalisir potensi kekerasan yang mungkin menimpa. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kejahatan tersebut.

Sebaiknya tidak melakukan perjalanan larut malam sendirian

Pembegalan biasanya terjadi pada tengah malam hingga dini hari. Jika memang terpaksa berpergian pada waktu-waktu tersebut, usahakan tidak berkendara sendirian. Lebih baik ajak teman untuk pergi bersama. Lebih banyak rombongan lebih baik.

Pada dasarnya pelaku kejahatan juga mempunyai naluri untuk menjaga keselamatan dirinya. Mereka tidak akan gegabah dalam memilih mangsa. Mereka hanya akan melakukan aksinya pada lawan yang dianggapnya lebih lemah.

Simpan benda berharga di tempat aman

Memakai perhiasan yang mencolok adalah hal yang dapat membahayakan keselamatan. Simpan barang berharga seperti jam, cincin, kalung dan gelang di tempat yang aman. Usahakan jangan sampai menarik perhatian dengan menggunakan pershiasan yang mecolok.

Pilih rute yang lebih ramai dan dihafal, meskipun jarak tempuh menjadi lebih jauh

Jarak tempuh yang lebih jauh namun ramai mungkin lebih baik dipilih daripada memotong jalan melewati kawasan sepi dan gelap. Sama halnya dengan syaitan yang lebih senang pada tempat-tempat sepi dan gelap, begal pun menyukai kawasan serupa.

Dalam melakukan kejahatannya begal tidak ingin dilihat oleh orang banyak. Hal tersebut dilakukan agar mereka lebih leluasa melakukan tindak kejahatan pada korban tanpa khawatir menjadi sasaran amukan massa.

Perhatikan keadaan sekeliling dan tetap konsetrasi

Melamun saat berkendara sangat tidak dianjurkan, bukan hanya dapat mengakibatkan kecelakaan namun kita juga jadi tidak tahu bahwa ada kawanan motor yang mengikuti. Jika merasa diikuti, segeralah menuju ke tempat yang ramai. Apabila mengantuk dan ingin berhenti sejenak pilih tempat yang dikenal atau setidaknya banyak orang. Akan lebih baik jika tempat tersebut dekat dengan kantor polisi.

Jika didepan jalan terlihat ada kerumunan orang mencurigakan atau benda melintang, sebaiknya langsung putar arah

Pelaku kejahatan biasanya berusaha membuat korban menghentikan atau memperlambat laju kendaraanya. Salah satu caranya adalah dengan menghalangin jalan dengan benda. Bisa dengan batang pohon, orang yang terlentang atau bahkan bayi. Jika melihat benda-benda mencurigakan didepan jalan segera putar arah.

Sebisa mungkin tidak melintasi orang-orang yang berkerumun dalam kegelapan, segera pilih alternatif lain. Semakin banyak pelaku begal, maka biasanya mereka merasa lebih berani untuk melakukan tidakan kekerasan.

Nyalakan klakson terus-menerus untuk menarik perhatian warga

Jika sudah dalam keadaan dikepung (dipepet), berusahalah untuk menarik perhatian warga sekitar. Nyalakan klakson terus-menerus hingga para pelaku mengurungkan niat untuk melakukan kejahatan. Selain itu, jika memang diharuskan untuk melewati jalanan yang rawan. Siapkan benda keras seperti kunci pas, obeng dan lain-lain. Selipkan pada bagian yang mudah dijangkau jika terjadi sesuatu yang buruk.

Lebih baik kehilangan seluruh harta benda, dari pada harus kehilangan nyawa

Menyerahkan benda berharga yang diminta pelaku mungkin menjadi pilihan yang paling tepat jika sudah tersudut. Usahakan untuk tetap tenang. Perhatikan situasi, jika ada celah untuk melarikan diri larilah sekecang-kencangnya. Akan lebih baik jika menguasai teknik self defense. Namun sesuaikan dengan kondisi, apabila pelaku lebih banyak sebaiknya menahan diri. Apalagi jika tidak benar-benar menguasai teknik bela diri. Amati wajah pelaku, kemudian laporkan pada pihak berwajib untuk segera menindak pelakunya.

Perbanyak berdoa dan berserah pada Allah SWT

Percayalah, Allah adalah Maha Pelindung bagi seluruh makhluknya. Perbanyak doa dan istigfar saat melakukan pejalanan. Ingatlah bahwa seluruh harta yang kita miliki adalah titipan Allah dan sewaktu-waktu akan kembali lagi pada-Nya. Jadi jangan takut kehilangan apapun. Kejadian pembegalan ini sepatutnya menjadi pengingat agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

(Visited 426 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]