Agar Tidak Menyesal Di Hari Akhir, Bacalah Doa Ini

668 views
20150326150519-6d9c8c77

Dailymoslem – Waktu, seperti yang kita ketahui tak akan pernah kembali. Ia akan terus berlari dan tak akan mentolelir apapun yang telah dilewatinya. Oleh karena itu banyak sekali penyesalan dari orang-orang yang tak menggunakan waktu secara efisien.

Seperti halnya mengobrol ketika mengikuti sebuah majelis atau perkumpulan lainnya. Kadang ada beberapa waktu, ketika sedang mengikuti sebuah majelis ilmu kita tiba-tiba saja merasa bosan. Akhirnya memilih untuk mengobrol dengan teman sebelah atau malah asyik memainkan gadget.

Sementara, bagi seorang mukmin waktu sangatlah berhaga. Oleh sebab itu, dalam menjalani waktu harus dilakukan dengan cara-cara yang berorientasi pada manfaat. Sehingga ada waktu yang terbuang sia-sia tanpa dzikir atau pikir akan mengakibatkan mengakibatkan penyesalan.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Barangsiapa yang duduk dan tidak menyebut nama Allah maka akan menjadi penyesalan di hadapan Allah.” (HR. Abu Daud)

Namun, Allah Subhanahu wa Ta’ala memang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Allah akan mengampuni seseorang yang menyia-nyiakan waktunya di dalam majelis, jika orang tersebut membaca doa ini:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu, aku bersaksi tiada tuhan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Doa ini disebut sebagai doa Kaffaratul Majlis (penghapus dosa majlis) atau Khatimah Majlis(penutup majlis). Karena doa ini menjadi penghapus dosa bagi orang yang ikut duduk dalam majlis itu. Doa ini menjadi penghapus dosa, karena isinya pengakuan terhadap tauhid dan permohonan ampun kepada Allah.

 

(sumber: konsultasisyariah)

(Visited 681 times, 1 visits today)