Agar Mendapat Kekhusyuan Dalam Shalat

114 views Leave a comment
Agar Mendapat Kekhusyuan Dalam Shalat

Dailymoslem – Khusyu dalam shalat adalah sebuah keharusan, namun begitu masih banyak muslim yang belum bisa mencapainya. Bahkan ada juga yang ketika shalat malah berhasil mengingat dimana menyimpan benda yang sedang dicari-cari. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Dan sesungguhnya yang demikian (shalat) itu sangat sulit, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (Q.S Al-Baqarah: 45)

Shalat memang merupakan solusi dari segala macam masalah duniawi. Namun hanya shalat yang dilakukan dengan khusyu yang akan menjadi penolong. Bagaimana sih caranya agar senantiasa khusyu dalam shalat?

Mengingat kematian dalam shalat

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah ditanya oleh seorang lelaki “Ya Rasulullah, ajarilah aku tetapi yang ringkas saja” Beliau bersabda “Jika kamu berdiri untuk melaksanakan shalat, maka shalatlah seperti shalatnya orang yang akan berpisah (meninggal)…” (HR. Ibnu Majah.

Selain itu, Ali bin Abi Thalib selalu bergemetar setelah selesai wudhu. Saat ditanya sebab dia seperti itu, ia mengatakan “Sekarang aku sedang memikul amanah yang pernah disodorkan keapda langit, bumi dan gunung. Namun aku kemudian maju dan bersedia menerima amanah itu.”

Meyakini bahwa Allah mengijabah dalam shalatnya

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Sesungguhnya seseorang di antara kalian jika berdiri untuk shalat maka ia bermunajat dengan Rabbnya. Maka perhatikanlah bagaimana seharusnya ia berbisik-bisik dengan-Nya. (HR. Hakim)

Berdiri lebih dekat dengan hijab/dinding

Jika sesungguhnya di antara kalian shalat menggunakan hijab maka hendaklah berdiri lebih dekat dengannya agar setan tidak memutus shalatnya.” (HR. Abu daud)

Mengingat keutamaan dan keistimewaan khusyu dalam shalat

Tak seorang muslim pun yang mendapati masuknya waktu shalat fardhu, lalu ia membaguskan wudhunya dan menghadirkan khusy dan rukuknya kecuali saat shalat itu akan menjadi penghapus dosa-dosa sebelumnya selama tidak melakukan dosa besar dan itu berlaku sepanjang tahun.” (HR. Muslim)

Dengan mengamalkan empat cara tersebut insya Allah khusyu dalam shalat akan bisa kita capai.

 

Search doa jodoh 4 Doa Mustajab Untuk Mendapat Jodoh

14 Waktu yang Baik untuk Berdoa Agar Dikabulkan

Rahasia Sholat di Awal Waktu Berdasarkan Perubahan Warna Alam

10 Orang yang Shalatnya Tidak Diterima oleh Allah SWT

Lupa Hitungan Shalat, Hati-Hati Itu Gangguan Syaitan

(Visited 209 times, 1 visits today)