9 Tips Bertengkar Sehat dalam Pernikahan

132 views Leave a comment
9 Tips Bertengkar Sehat dalam Pernikahan

Dailymoslem – Dalam sebuah pernikahan, pertengkaran merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan. Di sinilah kita harus bersikap bijak dan dewasa dalam menghadapi perbedaan dalam berbagai hal, sehingga perbedaan itu justru dapat membuat hubungan pernikahan menjadi semakin kaya dan bukan malah memisahkan.

Saat terjadi perbedaan pendapat, kita harus bisa menerima pendapat pasangan dan juga menyampaikan pendapat dengan baik. Dilansir dari marriage.about.com, berikut ini 9 tips bertengkar sehat dengan suami agar pertengkaran justru dapat menguatkan pernikahan Anda.

Pertama, jangan memendam sesuatu hingga menunggunya meledak, hal ini akan menyebabkan Anda dan pasangan menjadi lepas kendali dan keluar dari masalah utama penyebab pertengkaran dan merembet ke hal-hal lainnya. Jadi, pastikan Anda dapat mengkomunikasikan perasaan Anda dengan baik pada pasangan.

Kedua, jika dalam 48 jam kemarahan Anda tetap tidak didiskusikan dengan baik, maka ikhlaskanlah dan maafkanlah pasangan. Tunjukkan cinta dan maaf yang Anda berikan meski pasangan tidak meminta, karena sesuatu yang datang dengan tulus dari hati pasti akan sampai kepada hatinya juga.

Ketiga, jika pasangan menolak untuk mendiskusikan masalah yang Anda rasakan, berikan waktu setidaknya 24 jam pada pasangan untuk menyelesaikan emosinya sendiri agar bisa berunding dengan kepala dingin kemudian.

Keempat, bertengkar yang sehat berarti Anda tidak membawa-bawa masalah lain ke dalam masalah yang Anda diskusikan. Tetap fokus pada satu masalah yang Anda hadapi saat menyelesaikannya dan hindari mengungkit-ungkit masalah yang sudah lalu.

Kelima, hormatilah pasangan Anda, suami maupun istri, hindari membentak atau mengeluarkan kata-kata cacian karena dapat menjadikan diskusi Anda berantakan karena suasana yang memanas. Ingatlah, suami dan istri adalah pakaian untuk satu sama lain, maka cacian yang Anda lontarkan pada pasangan adalah cacian yang juga akan Anda pantas dapatkan.

Keenam, hindari tertawa di tengah pertengkaran karena bisa membuat pasangan merasa terhina dan direndahkan.

Ketujuh, dengarkan dulu pendapat satu sama lain sebelum akhirnya mengeluarkan pendapat Anda. Perhatikan juga bahasa tubuh dan kontak mata.

Kedelapan, kontak fisik yang lembut dan menenangkan seperti berpegangan tangan saat Anda berdiskusi untuk menyelesaikan suatu masalah juga dapat membantu mendinginkan suasana karena menandakan masih adanya kasih sayang di antara kalian.

Terakhir, meminta maaf dan memaafkan adalah yang akan mampu menyelesaikan segalanya.

(Visited 151 times, 1 visits today)